Widget Atas Posting

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Android Tanpa Aplikasi

Di tahun 2020 ini, koneksi internet telah menjadi salah satu kebutuhan utama, terutama bagi para millenials yang memang punya kebiasaan menghabiskan sebagian besar waktunya di internet.

Smartphone manjadi salah satu perangkat utama yang banyak digunakan untuk internetan, baik untuk sosmed, video streaming, main game, dan masih banyak lagi yang lain.

Sudah tentu koneksi internet yang kencang menjadi prioritas utama agar tetap eksis di internet. Pernahkah anda mengalami lemot saat mengakses internet? Tentunya sangat menjengkelkan.

Tak heran banyak orang bertanya bagaimana cara untuk mempercepat koneksi internet terutama wifi di smartphone Android.

Cara Mempercepat Wifi di Android

Perlu anda ketahui sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat koneksi internet wifi di perangkat Android.

Ada cara yang gratis, ada pula cara yang berbayar. Selain itu ada yang membutuhkan tools atau aplikasi khusus, ada pula yang tidak memerlukan hal tersebut.

Nah, berikut cara paling mudah untuk mempercepat wifi di Android tanpa perlu tools atau aplikasi, dan yang paling penting gratis.

Mempercepat Wifi di Android Tanpa Aplikasi

Mempercepat wifi di Android tanpa aplikasi atau tools tambahan bukan perkara yang rumit. Kita hanya perlu melakukan setting DNS (Domain Name Server).

DNS yang tercepat saat ini adalah DNS 1.1.1.1 milik Cloudflare. Sudah terbukti banyak yang merasakan perbedaan kecepatan wifi di Android setelah beralih ke DNS tersebut.

Bagi anda yang menggunakan smartphone Android dengan versi 9 atau yang lebih baru, bisa ikuti petunjuk berikut.
  1. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan di smartphone Android anda
  2. Tap menu Connections
  3. Setelah itu, pilih Private DNS
  4. Pilih Hostname
  5. Masukkan 1.1.1.1
  6. Tap Save dan silahkan bandingkan hasilnya
Sedangkan bagi anda yang menggunakan smartphone Android dengan versi 8 atau yang lebih rendah, bisa mengikuti petunjuk berikut.
  1. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan di smartphone Android anda
  2. Tap menu Wifi
  3. Pilih koneksi wifi yang sedang anda gunakan
  4. Setelah itu pilih menu Lanjutan
  5. Pada bagian DNS, isi dengan 1.1.1.1
  6. Jika sudah, tap Save atau simpan
  7. Bandingkan hasilnya sebelum dan sesudah diubah DNS nya
Mudah sekali bukan? Jika anda masih bingung bagaimana sistem kerja DNS 1.1.1.1 bisa membantu mempercepat koneksi internet di Android, silahkan tonton video dari channel Teknobie berikut ini.


Demikian tadi informasi mengenai bagaimana cara mempercepat koneksi wifi di Android secara gratis tanpa aplikasi. Share kepada teman-teman jika memang info ini dirasa bermanfaat.