Widget Atas Posting

Cara Mengatur Batas Waktu (Timer) di Google Form

Di musim pandemi seperti saat ini, kegiatan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring atau online. Berbagai macam media pembelajaran online digunakan oleh guru.

Salah satunya adalah Google Form. Ya, Google Form ini merupakan media dari Google yang biasanya digunakan untuk membuat ujian online.

Ada beberapa fungsi dasar dari Google Form, yakni untuk membuat servey online dan juga kuis online dengan berbagai model seperti pilihan ganda ataupun esay.

Kebanyakan pengguna Google Form hanya menggunakan media tersebut untuk ujian biasa tanpa batas waktu. Padahal sebenarnya kita bisa mengatur batas waktu ujian di Google Form.

Bagaimana caranya? Mudah sekali, kita hanya perlu memanfaatkan Add Ons yang sudah disediakan di Google Form itu sendiri. Berikut panduan lengkapnya.

Setting Timer Batas Waktu Ujian Online di Google Form

Pertama-tama anda harus membuka halaman Google Form.

Setelah itu klik tombol Buka Google Formulir.

Langkah berikutnya login menggunakan akun Google. Jika anda sudah login, maka akan muncul tampilan halaman depan Google Formulir atau Google Form.

Selanjutnya silahkan buat soal ujian online anda. Atau jika anda sudah memiliki file ujian online, tinggal buka file tersebut.

Setelah masuk ke halaman soal ujian online, klik tombol Add Ons, dan pilih FormLimiter - PROD.

Langkah berikutnya klik Set Limit, dan klik tombol Lanjutkan.

Beri akses Add Ons FormLimiter - PROD dengan klik tombol Izinkan.

Tunggu beberapa saat sampai muncul kolom FORMLIMITER di sebelah kanan. 

Pada bagian Limit Type, pilih Date and Time.

Setelah itu pada kolom "when a due date is set on", silahkan masukkan batas waktu yang anda inginkan (waktu mulai dan waktu berakhir).

Terakhir klik tombol Save and Enable.

Sampai di sini ujian online menggunakan Google Form anda sudah berhasil disetting sehingga ada batas waktu mengerjakan.

Anda bisa mengubah batas waktu mengerjakan soal online di Google Form tersebut sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya bisa memberikan batas waktu, dengan Form Limiter tadi, anda juga bisa memberikan batas berapa orang yang bisa submit atau mengerjakan ujian online di Google Form.

Semoga informasi tadi bermanfaat, terutama bagi para guru dan siswa yang tengah melakukan pembelajaran daring di musim pandemi ini.