Widget Atas Posting

Cara Mengatasi OBS Streaming Studio Black Screen

Bagi anda yang bergelut di dunia broadcasting atau streaming tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama OBS bukan?

Ya, OBS atau Open Broadcaster Software adalah salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan untuk melakukan live streaming.

Tak hanya live streaming di Youtube, aplikasi Open Broadcaster Software juga banyak digunakan di platform lain mulai dari Facebook, Twitch, Nimo, dan masih banyak lagi yang lain.

Aplikasi OBS ini memang sangat powerfull dan memiliki fitur lengkap sehingga pengguna suka dan sering menggunakan aplikasi ini.

Tak hanya itu saja, aplikasi OBS juga support sistem operasi mulai dari Windows 7, 8, hingga 10. Selain itu OBS juga bisa digunakan di komputer Intel maupun AMD.

Terlepas dari hal tersebut, beberapa pengguna aplikasi OBS kerap mengeluh terkait masalah layar blank hitam alias black screen.

Cara Mengatasi OBS Black Screen

Jadi saat pengguna hendak melakukan live streaming, aplikasi OBS tidak mau menampilkan layar yang hendak dibroadcast, namun malah menampilkan layar hitam atau black screen.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya karena masalah hardware atau karena error pada aplikasi Open Broadcaster Software itu sendiri.

Berikut beberapa trik yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi layar blank hitam atau black screen di aplikasi OBS terbaru.

Jika Anda Menggunakan VGA Nvidia

Masalah black sreen di OBS kerap dialami laptop atau komputer dengan VGA Nvidia. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut untuk mengatasinya.

  1. Silahkan masuk ke Nvidia Control Panel dengan cara klik kanan pada tampilan di dekstop, lalu pilih Nvidia Control Panel
  2. Setelah masuk ke Nvidia Control Panel, pilih menu Manage 3D Setting
  3. Selanjutnya, pilih tab Program Setting. Di sana akan muncul beberapa aplikasi yang didukung oleh fitur 3D Nvidia
  4. Cek apakah aplikasi OBS sudah ada di tab Program Setting atau belum. Jika belum silahkan pilih tombol Add, lalu cari aplikasi OBS
  5. Setelah itu pilih Integrated Graphic, lalu klik Apply
  6. Jika sudah, jalankan aplikasi OBS via Administrator. Caranya dengan klik kanan icon aplikasi OBS, pilih Run as Administrator
  7. Setelah OBS terbaru, pilih Scene, lalu klik Display Capture
  8. Sampai di sini seharusnya aplikasi OBS anda sudah bisa menampilkan layar dengan normal alias tidak black screen.
Jika Tidak Menggunakan VGA Nvidia

Apabila komputer atau laptop yang anda gunakan untuk aplikasi OBS tidak memakai VGA Nvidia alias menggunakan VGA Intel, Radeon, atau yang lain, coba cara berikut.
  1. Pertama-tama cari icon aplikasi OBS
  2. Setelah itu klik kanan, lalu pilih Properties
  3. Masuk ke tab Compability
  4. Centang kolom Run This Program as Administrator
  5. Jika sudah klik Apply
  6. Setelah itu coba jalankan aplikasi OBS seperti biasa
Jika cara-cara di atas sudah anda coba namun tetap black sreen alias layar hitam, bisa jadi settingan pada aplikasi OBS anda kurang tepat.

Silahkan cari informasi lebih lengkap di Google mengenai cara setting internal OBS dengan benar untuk menghindari black screen atau layar blank hitam.