Widget Atas Posting

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10

Kecerahan layar di komputer adalah suatu yang sangat penting dan harus diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan mata kita.

Apabila layar terlalu terang atau terlalu redup tentu akan membuat mata kita tidak nyaman. Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus maka akan berpotensi merusak mata.

Oleh sebab itu kita harus mengatur kecerahan baik menerangkan atau meredupkan supaya pas dan enak dilihat mata.

Meredupkan dan menerangkan layar di komputer dengan sistem operasi Windows 10 sebenarnya bukan perkara yang sulit. Apalagi jika kita sudah lama menggunakan komputer dengan OS tersebut.

Namun bagaimana dengan pemula yang masih awam dengan Windows 10 dan fitur-fitur yang ada di dalamnya? Tenang saja, tak perlu kawatir.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10 dengan sangat-sangat mudah.

Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatur kecerahan layar di Windows 10, baik untuk meredupkan atau mencerahkan.

Mengatur Kecerahan Layar Windows 10 Dari Action Center

  1. Pertama-tama silahkan buka Action Center atau bisa dengan memencet kombinasi tombol Windows + A secara bersamaan
  2. Setelah menu Action Center muncul, silahkan cari slider dengan ikon matahari
  3. Jika sudah ketemu, silahkan atur sesuai kebutuhan. Geser slider ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar, dan ke kanan untuk meningkatkan kecerahan layar

Mengatur Kecerahan Layar Windows 10 Dari Settings

  1. Pertama-tama silahkan masuk ke Menu Settings dengan cara memencet kombinasi tombol Windows + I secara bersamaan
  2. Setelah masuk ke tampilan Menu Settings, perhatikan sub menu System, lalu pilih Display
  3. Pada bagian Brightness and Color, silahkan geser slider yang ada di bawahnya untuk mengatur kecerahan layar. Geser slider ke kiri untuk menurunkan, dan ke kanan untuk meningkatkan kecerahan layar

Mengatur Kecerahan Layar PC Windows 10


Jika anda menggunakan PC Desktop dengan OS Windows 10, anda tak perlu kawatir karena selain menggunakan 2 dara di atas, ada cara yang lebih mudah.

Kita bisa mengatur kecerahan layar melalui tombol yang ada di monitor atau LCD. Silahkan pencet tombol yang ada ikon mataharinya untuk mengatur kecerahan layar.

Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10


Dan apabila anda menggunakan laptop. Caranya juga sangat mudah. Anda bisa mengatur kecerahan layar di laptop Windows 10 langsung menggunakan tombol Function atau Fn.

Caranya tinggal pencet kombinasi tombol Fn+ikon matahari naik turun di barisan menu Function. Misal di laptop Acer, Asus, Dell, atau Lenovo menggunakan F11 dan F12.

Dengan begitu anda sudah tidak bingung lagi untuk mengatur kecerahan layar di Windows 10 baik laptop, ataupun komputer PC.