Widget Atas Posting

Cara Menghentikan Pulsa XL Berkurang Sendiri

Siapa yang tidak kesal bila tiba-tiba pulsa habis, padahal kita tidak pernah menggunakannya? Mungkin beberapa dari anda pernah mengalami hal serupa.

Akhir-akhir ini tidak sedikit pengguna kartu XL yang mengeluh lantaran pulsa kesedot otomatis padahal tidak digunakan sama sekali baik untuk internet, telepon, atau SMS.

Misal kita baru saja isi pulsa 50 ribu. Pulsa tersebut tidak kita gunakan sama sekali, namun setiap harinya berkurang sebanyak 10 ribu sampai pulsa tersebut habis.

Tentu hal tersebut membuat jengkel para penggunanya. Sebenarnya masalah pulsa kesedot ini tidak hanya dialami oleh pengguna kartu XL saja.

Beberapa pengguna kartu lain seperti Indosat, Telkomsel, bahkan Tri juga mengalami hal yang sama. Sebenarnya apa yang menjadi masalah sehingga pulsa tiba-tiba berkurang sendiri?

Penyebab Pulsa XL Berkurang Sendiri

Mari kita cari tahu jawabannya. Setelah ditelusuri ternyata penyebab pulsa kesedot di kartu XL dan operator lain adalah karena layanan SMS berbayar.

Jadi tanpa sadar kita telah mendaftar layanan SMS berbayar. Saat kita menerima SMS dari nomor tertentu, maka pulsa akan berkurang secara otomatis.

Padahal kita tidak pernah melakukan pendaftaran layanan SMS berbayar. Tapi kenapa nomor kita bisa menerima layanan tersebut?

Sampai saat ini masih belum diketahui apakah layanan tersebut otomatis dari pihak XL, ataukah ada oknum nakal yang mendaftarkan nomor kita untuk layanan SMS berbayar tersebut.

Jadi kesimpulannya pulsa berkurang sendiri saat ada SMS masuk dari nomor tertentu di mana nomor tersebut merupakan layanan berbayar. Lantas bagaimana cara menghentikannya?

Cara Menghentikan Pulsa XL Berkurang Sendiri

Ada trik yang bisa kita lakukan untuk menghentikan SMS berbayar yang bisa menyedot pulsa tersebut. Caranya adalah dengan menonaktifkan atau mengunreg layanan.

XL menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengecek layanan berbayar apa yang sedang aktif di nomor HP kita.

Jadi setelah kita tahu layanan apa yang sedang terdaftar, maka kita harus mengunreg atau menonaktifkannya. Berikut tutorial lengkapnya.

  1. Pertama-tama cek dulu layanan berbayar apa yang sedang aktif di nomor XL kita. Caranya dengan melakukan panggilan ke nomor *500*8*1#
  2. Setelah mendapatkan balasan info layanan berbayar yang sedang aktif, silahkan pilih menu berhenti berlangganan dari semuanya
  3. Tunggu beberapa saat sampai anda mendapatkan balasan yang berisi info jika anda sudah berhenti berlangganan layanan tersebut
  4. Selanjutnya pastikan anda sudah benar-benar berhenti berlangganan dengan cara melakukan panggilan ulang ke nomor *500*8*1#
  5. Jika balasan info menyatakan tidak ada layanan, maka anda sudah tidak terdaftar di layanan berbayar apapun
Dengan begitu pulsa XL anda tidak akan berkurang sendiri meskipun tidak digunakan sama sekali. Untuk operator lain seperti Indosat dan Telkomsel, caranya kurang lebih sama.

Jadi yang perlu anda lakukan adalah memeriksa apakah ada layanan berbayar khusus yang sedang aktif, kemudian menonaktifkannya.

Apabila anda sudah melakukan cara tadi namun masih saja bermasalah, silahkan telepon call center resmi XL atau bisa langsung datang ke galeri XL terdekat di kotamu.