Widget Atas Posting

Cara Screenshot Redmi 9, 9A, 9C Panjang dan Pendek

Di kuartal ke tiga tahun 2020, brand smartphone asal China Xiaomi baru saja meluncurkan lineup smartphone murah terbarunya.

Smartphone tersebut tak lain adalah Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C. Tiga smartphone tersebut merupakan smartphone entry level yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Meski murah, deretan smartphone terbaru Xiaomi tersebut hadir dengan membawa spesifikasi yang cukup mumpuni. Jadi jangan heran jika smartphone-smartphone tersebut lancar untuk main game.

Berbagai macam game mainstream seperti Mobile Legends, Free Fire, hingga PUBG Mobile mampu dijalankan oleh Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C dengan lancar.

Tentu saja, karena merupakan seri HP baru, masih banyak penggunanya yang belum sepenuhnya tahu semua fiturnya dan bagaimana cara mengoperasikannya.

Apalagi di lineup HP terbaru Xiaomi tersebut sudah menggunakan sistem operasi terbaru MIUI 12 yang berbasiskan Android 10.

Misal saja tentang bagaimana cara menangkap layar alias screenshot. Di HP Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C, kita bisa melakukan screenshot (SC) menggunakan beberapa cara.1

Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C Menggunakan Tombol

Cara pertama ini merupakan cara SC di Redmi 9, 9A, atau 9C dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang ada di HP tersebut

Caranya sangat mudah, tinggal tekan kombinasi tombol POWER + VOLUME DOWN secara bersamaan selama 2 detik.

Secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan di galeri HP. Untuk mengeceknya bisa langsung masuk ke galeri, lalu pilih album screenshot. Sangat gampang bukan?

Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C dengan Usap Layar


Cara screenshot di HP Redmi 9, 9A, atau 9C yang kedua ini tidak kalah gampangnya dibandingkan dengan cara pertama, yakni hanya dengan menggunakan gestur usap layar

Jadi tidak perlu menggunakan tombol fisik lagi. Namun untuk menggunakan cara kedua ini, perlu diaktifkan dulu melalui menu Settings atau Pengaturan.

Berikut langkah-langkah cara mengaktifkan fitur gesture usap layar di HP Redmi 9, 9A, atau 9C untuk menangkap layar atau screenshot.
  1. Pertama-tama silahkan buka menu Settings atau Pengaturan
  2. Masuk ke menu Setelan Tambahan (Additional Settings)
  3. Setelah itu klik Pintasan Tombol (Button Shortcut), lalu pilih Ambil Screenshot (Take Screenshot)
  4. Jika sudah, langsung usapkan 3 jari anda pada layar dari atas ke bawah
  5. Sampai di sini, fitur gesture usap 3 jari di layar untuk screenshot sudah aktif
Dengan begitu jika anda ingin screenshot di HP Redmi 9, 9A, atau 9C, tinggal usap saja layar menggunakan 3 jari dari atas ke bawah. Sama seperti cara pertama, hasil screenshot secara otomatis tersimpan di galeri

Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C dari Bar Notifikasi


Cara yang ketiga ini adalah cara yang sangat mudah untuk screenshot di HP Redmi 9, 9A, dan 9C. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan shortcut yang ada di bar notifikasi.

Bagi anda yang belum tahu bar notifikasi, yakni tampilan yang muncul ketika layar diswipe dari atas ke bawah. Biasanya di bar notifikasi berisi pemberitahuan pesan dan lain-lain.

Di sana juga terdapat berbagai menu untuk atur volume, kecerahan layar, dan lain sebagainya. Kita bisa melakukan screenshot melalui bar notifikasi.

Caranya adalah dengan membuka bar notifikasi (swipe layar dari atas ke bawah), lalu tap ikon gunting. Tunggu beberapa saat, dan layar otomatis terscreenshot.

Cara Screenshot Panjang di Redmi 9, 9A, dan 9C


Selanjutnya adalah cara screeshot panjang atau layar penuh di HP Redmi 9, 9A, dan 9C. Misal kita ingin screenshot halaman website full dari atas sampai bawah.

Bagaimana caranya? Sebenarnya caranya sama seperti 3 cara di atas. Hanya saja, ada langkah tambahan yang perlu anda lakukan.

Setelah anda melakukan screenshot, langsung tap hasil cuplikan screenshot yang seketika muncul. Setelah itu tekan tombol gulir sampai ke bawah.

Jika sudah, tekan tombol Simpan. Hasil screenshot panjang secara otomatis tersimpan di galeri HP anda. Bagaimana, gampang sekali bukan?