Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian

Keyboard merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah laptop. Pasalnya tanpa keyboard, laptop tidak bisa digunakan untuk mengetik.

Sangat wajar apabila banyak pengguna laptop yang bingung saat keyboardnya rusak. Kerusakan keyboard sendiri sangat bervariasi.

Ada keyboard yang rusak total, artinya semua tombol-tombolnya tidak bisa digunakan. Ada pula keyboard yang rusak sebagian, atau hanya beberapa tombol saja yang tidak berfungsi.


Penyebab kerusakannya pun bermacam-macam seperti kotoran, ketumpahan air, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kali ini akan dibahas bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian, alias hanya beberapa tombol saja yang rusak.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Sebagian

Sebelum dibawa ke tukang servis laptop, tidak ada salahnya jika kita mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Tentunya lumayan jika berhasil, kita tidak perlu keluar uang untuk biaya servis.

Nah, silahkan lakukan step by step berikut.

1. Restart Laptop

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian adalah dengan merestart laptop.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kerusakan terjadi karena crash pada software atau tidak. Dengan restart laptop, software atau terefresh dan bekerja dengan normal kembali.

Namun apabila setelah anda restart tetapi tetap tidak berhasil, silahkan ikuti step berikutnya.

2. Cek Tombol Numlock

Langkah kedua, silahkan periksa tombol numlock yang ada di keyboard laptop anda. Kadang kala kita tidak tahu bahwa numlock di keyoard masih aktif.

Alhasil saat kita memencet tombol tertentu, tombol tersebut tidak aktif, atau biasanya keluar simbol-simbol tertentu.

Maka dari itu pastikan tombol numlock di keyboard laptop anda mati. Jika cara ini tidak berhasil, ikuti cara selanjutnya.

3. Periksa Driver

Langkah berikutnya silahkan periksa driver keyboard di laptop anda. Cara mengeceknya bisa masuk ke Device Manager melalui menu pencarian di tombol Windows.

Pada tampilan Device Manager, pastikan driver keyboard aktif alias tidak ada tanda seru. Jika muncul tanda seru, berarti driver keyboard bermasalah.

Masalah driver ini bisa terjadi pada semua jenis sistem operasi Windows mulai dari Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10.

Yang harus anda lakukan adalah menginstall atau mengupdate driver keyboard tersebut. Namun jika posisinya normal (tidak ada tanda seru), silahkan ikuti step berikutnya.

4. Jemur Laptop

Pada beberapa kasus, kerusakan keyboard laptop terjadi karena membran keyboard lengket. Hal tersebut diakibatkan karena kondisi laptop yang lembab.

Misal laptop sudah lama tidak digunakan. Untuk mengatasinya bisa coba jemur laptop dengan kondisi terbuka selama beberapa menit.

Tujuannya agar laptop tidak lembab dan membran keyboardnya bisa berfungsi dengan normal. Jika tidak berhasil, ikuti step selanjutnya.

5. Bersihkan Keyboard

Selain karena lembab, tombol-tombol di keyboard yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh debu dan kotoran yang mengganjal keyboard.

Untuk mengatasinya, anda bisa memberishkan keyboard menggunakan kuas. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya anda membuka casing dan melepaskan keyboard untuk dibersihkan total.

Gunakan kuas halus yang kering dan tidak mudah rontok. Hati-hati dalam membongkar dan memasang kembali keyboard laptop.

6. Ganti Keyboard

Jika semua cara sudah anda lakukan namun tetap tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah dengan mengganti keyboard laptop anda dengan keyboard yang baru.

Namun sebelum itu coba ganti per tombol yang rusak. Jika anda memberi tombolnya saja tentu lebih murah dibanding membeli satu set keyboard.

Harga keyboard laptop sendiri beragam mulai dari 250 ribu sampai dengan 2 juta rupiah tergantung jenis laptop anda.

Berbagai jenis keyboard dari beberapa brand mulai dari Asus, Acer, Lenovo, Dell, Toshiba, hingga Apple bisa anda dapatkan di marketplace dengan harga bervariasi.

Pastikan jenis keyboard yang anda beli sesuai dengan tipe laptop anda. Jika anda takut salah dan tidak bisa menggantinya sendiri, sebaiknya dibawa ke tukang servis laptop.

Sebelum menupun informasi, ada beberapa kasus keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian yang disebabkan oleh kerusakan motherboard.

Jika hal ini terjadi pada anda, maka sudah pasti hanya bisa diselesaikan oleh teknisi yang handal. Jadi anda harus membawanya ke tukang servis.

Semoga info mengenai bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak sebagian tadi bermanfaat buat pembaca semuanya.

Berlangganan Yuk !