Widget Atas Posting

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di Android dan Laptop

Di masa pandemi seperti saat ini, pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring atau kebanyakan orang menyebut pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu guru harus bisa mengajar dengan metode yang berbeda dari biasanya.

Ada banyak sekali alternatif media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk mengajar secara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan media video.

Video pembelajaran sendiri bisa dibuat dengan berbagai macam cara. Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran juga bervariasi.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran yang menarik sehingga siswa tidak bosan saat pembelajaran jarak jauh.

Aplikasi Untuk Membuat Video Pembelajaran di Android dan Laptop

Sayangnya tidak semua guru tahu akan hal tersebut. Oleh sebab itu kami akan bagikan info mengenai beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran.

Berikut aplikasi-aplikasi untuk membuat video pembelajaran jarak jauh yang bisa digunakan baik di HP Android maupun laptop dengan sistem operasi Windows.

Aplikasi Untuk Membuat Video Pembelajaran di Android

1. Kinemaster

Kinemaster

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi edit video paling populer di Android. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat video pembelajaran dengan mudah.

Misal kita merekam diri kita saat menjelaskan suatu materi. Kemudian kita bisa mengeditnya menggunakan aplikasi Kinemaster.

Berbagai macam efek bisa ditambahkan mulai dari efek tulisan, transisi, gambar, musik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan begitu pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu aplikasi Kinemaster juga ringan dan punya user interface yang simpel.

2. InShot

InShot

Sama seperti halnya Kinemaster, InShot juga merupakan aplikasi video editor yang sangat populer di Android. Tidak hanya di Android, aplikasi ini juga bisa digunakan di perangkat iOS.

Aplikasi InShot ini disukai banyak orang karena tampilannya sangat simpel dan tidak membuat bingung penggunanya.

Fitur aplikasi InShot ini cukup lengkap sehingga bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran yang keren dan menarik.

3. Filmora Go

Filmora Go

Filmora Go merupakan versi mobile dari aplikasi Filmora yang biasa digunakan di perangkat Windows baik itu laptop ataupun PC.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi Filmora Go ini tak kalah dibandingkan dengan versi PC nya, mulai dari fitur transisi sampai dengan filter.

Dengan aplikasi Filmora Go kita bisa membuat video pembelajaran dengan mudah di manapun dan kapanpun tanpa tergantung dengan perangkat laptop.

Aplikasi Filmora Go ini gratis. Namun ada beberapa fitur premium yang hanya bisa dinikmati jika kita sudah berlangganan. Misal saja efek filter khusus.

4. Free Cam

Free Cam

Satu lagi aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran dengan mudah ialah aplikasi Free Cam.

Sebenarnya aplikasi ini merupakan aplikasi perekam layar yang cukup terkenal di Android. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk para gamers untuk merekam permainannya.

Hanya saja kita bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah video pembelajaran yang menarik. Caranya tinggal kita buat materi pembelajaran di Android.

Sambil kita menjelaskan materi tersebut, kita rekam layar menggunakan aplikasi Free Cam. Boom, jadilah video pembelajaran yang unik dan kreatif.

Itulah tadi beberapa aplikasi pembuat video pembelajaran khusus untuk HP Android. Jika kita ingin membuat video pembelajaran di laptop, berikut rekomendasi aplikasinya.

Aplikasi Untuk Membuat Video Pembelajaran di Laptop

1. Camtasia

Camtasia

Mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Camtasia. Ya, sebenarnya aplikasi ini merupakan aplikasi screen recorder alias perekam layar.

Hanya saja fitur yang dimiliki oleh aplikasi Camtasia ini sangatlah lengkap. Dengan Camtasia kita bisa membuat video pembelajaran.

Caranya tinggal buka materi pembelajaran sambil kita menjelaskan materi tersebut. Hasilnya berupa video yang bisa ditonton oleh para murid.

Dengan bantuan aplikasi Camtasia ini, kita juga bisa menampilkan wajah kita saat menjelaskan materi menggunakan webcam yang ada di laptop.

2. Sparkol Videoscribe

Sparkol Videoscribe

Aplikasi pembuat video pembelajaran yang kedua adalah Sparkol Videoscribe. Aplikasi tersebut bisa dibilang sangat unik.

Dengan Sparkol Videoscribe kita bisa membuat video animasi pembelajaran yang menarik. Tentu siswa tidak akan bosan jika kita menyajikan materi yang menarik dengan Sparkol Videoscribe.

Kita bisa membuat video seolah-olah kita menggambar dengan menggunakan spidol. Meski begitu, aplikasi ini dapat digunakan dengan sangat mudah.

Anda tidak perlu kawatir karena Sparkol Videoscribe memiliki user interface yang simpel dan mudah digunakan oleh siapapun termasuk oleh para pemula sekalipun.

3. Ms. Power Point

Video Ms Power Point

Nah, aplikasi yang satu ini mungkin merupakan aplikasi paling populer diantara yang lain. Kemungkinana semua guru sudah tahu akan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi Microsoft Power Point biasanya digunakan untuk membuat slide presentasi. Tapi tahukah anda bahwa Ms. Power Point ternyata memiliki fitur yang dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran?

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu membuat slide power point kemudian menyimpannya dalam format video. Tinggal klik Save As, lalu pada file type, pilih format video.

Maka slide presentasi yang sudah anda buat tadi secara otomatis akan tersimpan dalam bentuk video. Sangat mudah bukan?

4. Filmora

Filmora

Yang terakhir adalah aplikasi bernama Filmora. Dengan aplikasi ini anda bisa membuat video pembelajaran yang menarik.

Sebenarnya Filmora ini merupakan aplikasi edit video. Kelebihannya adalah user interfacenya yang simpel dan sangat mudah digunakan.

Kita bisa menambahkan berbagai macam efek pada video pembelajaran kita mulai dari efek teks atau tulisan, animasi, sampai dengan lagu.

Dengan Filmora ini membuat video pembelajaran yang menarik bukan menjadi suatu hal yang mustahil termasuk bagi guru senior sekalipun.

Sebenarnya masih ada banyak sekali aplikasi pembuat video pembelajaran lainnya baik untuk Android maupun laptop Windows. Kedepan kami akan ulas lebih lanjut khusus untuk anda semua.