Widget Atas Posting

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

HP kini telah menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Tak heran memang mengingat fungsi dari HP itu sendiri sangatlah penting.

Tentu saat HP rusak, kita akan merasa kebingungan. Apalagi pada saat HP tersebut dibutuhkan, baik untuk mencari data maupun menghubungi seseorang.

Salah satu kerusakan yang biasa dialami oleh HP adalah mati total. Penyebab hp mati total mendadak sendiri ada bermacam-macam mulai dari terjatuh sampai dengan kena air.

Biasanya HP tidak bisa hidup dan tidak merespon, termasuk ketika dicas. Masalah tersebut kerap dialami oleh HP dengan sistem operasi Android.

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Meski begitu HP jenis lain seperti iPhone tak jarang juga mengalami masalah tersebut. Untuk HP jenis lama, biasanya kita mengakalinya dengan cara cabut baterai.

Namun hal tersebut tidak berlaku di HP masa kini yang kebanyakan menggunakan baterai tanam. Jadi cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas baterai tanam sedikit lebih rumit.

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Berikut akan kami bagikan tips pengalaman cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala alias mati total dengan langkah-langkah yang cukup mudah.

1. Diamkan Sejenak

Ada kalanya HP yang mati total disebabkan karena masalah sistem yang crash atau hardware yang panas. Oleh sebab itu tidak adalah salahnya untuk mendiamkan HP tersebut selama beberapa saat.

Tujuannya adalah agar suhu pada HP kembali dingin dan pada saat digunakan kembali bisa berjalan dengan normal.

Jika anda telah mendiamkan HP selama beberapa saat namun masih tetap tidak bekerja normal, silahkan ikuti langkah berikutnya.

2. Cas 30 Menit

Silahkan cas HP anda yang mati total tadi selama 30 menit. Biasanya saat pertama kali dicas HP memang tidak merespon.

Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan HP tersebut tidak bisa dicas. Karena biasanya HP yang baterai kosong sepenuhnya, membutuhkan waktu beberapa saat untuk bisa isi daya.

Karena itu coba dulu cas HP yang mati tadi selama kurang lebih 30 menit sampai muncul tanda pengisian daya. Jika tidak berhasil, ikuti langkah selanjutnya.

3. Coba Ganti Charger

Saat HP anda mengalami mati total dan tidak bisa dicas, jangan dulu menyimpulkan kerusakan terjadi pada HP anda. Bisa jadi kerusakan malah terjadi pada cas.

Sehingga pada saat dicas, HP tidak merespon sama sekali. Apalagi jika HP mati total di cas panas, kemungkinan terjadi masalah pada charger yang anda gunakan.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mencoba menggunakan charger HP yang lain. Jika HP merespon dan dapat mengisi daya, berarti kerusakan terjadi pada charger.

Namun jika HP tetap tidak merespon alias tidak dapat mengisi daya, berarti kesimpulannya kerusakan terjadi pada HP anda. Lakukan langkah selanjutnya.

4. Lakukan Flashing

Apabila HP dalam keadaan mati total, tentu kita tidak bisa melakukan clear data ataupun factory reset langsung dari HP tersebut.

Yang bisa kita lakukan adalah flashing alias intsall ulang software yang ada di HP tersebut. Tentu kita harus menggunakan bantuan komputer ataupun laptop untuk melakukannya.

Cara flashingnya adalah dengan mendownload OS sesuai dengan merk dan tipe HP, lalu menginstallnya ke dalam HP dengan menggunakan bantuan kabel data.

Untuk tutorial lengkapnya bisa langsung anda cari di Google, karena untuk masing-masing HP menggunakan software yang berbeda-beda.

Misalnya untuk HP Xiaomi menggunakan Mi Flash Tool. Langkah-langkahnya pun juga berbeda satu dengan yang lainnya.

5. Ganti Hardware

Apabila langkah kedua (flashing) tidak berhasil, berarti terdapat kerusakan pada hardware dalam HP anda yang menyebabkannya mati total.

Cara memperbaiki android mati total karena jatuh ataupun hal lain bisa dilakukan dengan mengganti komponen yang rusak.

Tentu kita harus memiliki skill diagnosa kerusakan hardware. Jadi kita harus tahu hardware mana yang rusak dan harus diganti.

Biasanya kerusakan bisa dikenali dari berbagai gejala seperti HP bisa di charge tapi tidak bisa nyala, atau HP matot dan tidak bisa dicharge sama sekali.

Alternatif paling mudah jika anda tidak memiliki skill teknisi ialah dengan membawa HP anda ke tempat servis yang terpercaya.

Jika di sekitar tempat tinggal anda terdapat service center resmi, alangkah baiknya untuk membawa HP anda kesana agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara mengatasi hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati. Semoga bisa bermanfaat.