Widget Atas Posting

Apa Itu Mutualan Telegram? Baca Penjelasannya

Sebagian dari kita mungkin sudah sangat familiar dengan aplikasi Telegram. Ya, Telegram adalah salah satu aplikasi instant messenger yang cukup populer di dinia, termasuk di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang suka menggunakan aplikasi berwarna identik biru muda ini.

Tidak hanya sekedar dapat digunakan untuk mengirim pesan, aplikasi Telegram juga banyak digunakan untuk hal-hal lain mulai dari chat group sampai menonton channel drama Korea. Ya, tak jarang pengguna Indonesia yang memanfaatkan Telegram hanya untuk nonton drakor.

Apa Itu Mutualan Telegram? Baca Penjelasannya

Kali ini kami tidak akan membawas mengenai drama Korea di aplikasi Telegram, namun hal lain yang cukup menarik, yakni tentang mutualan di Telegram. Mungkin beberapa dari anda pernah mendengar istilah mutualan Telegram.

Tahukah anda sebenarnya apa yang dimaksud dengan mutualan Telegram? Jangan sampai kita sering mengatakan mutualan Telegram, tapi sebenarnya kita tidak paham artinya. Jika anda termasuk salah satu dari banyak orang yang belum tahu apa itu mutualan Telegram, simak ulasan berikut.

Apa Itu Mutualan Telegram?

Jadi arti mutualan Telegram adalah saling berteman di aplikasi Telegram. Caranya adalah saling berbagi username dan menambahkan kontak orang lain ke daftar kontak yang dimiliki. Begitu juga sebaliknya. Dengan mutualan, sesama pengguna Telegram bisa lebih leluasa dalam berkomunikasi.

Dari pihak Telegram sendiri sebenarnya tidak pernah mengeluarkan istilah mutualan. Hanya saja para penggunanya, khususnya di Indonesia telah sepakat menggunakan istilah tersebut.

Istilah tersebut sebenarnya tidak hanya untuk Telegram saja. Dari jaman Facebook, Twitter, hingga Instagram, beberapa orang juga sudah menggunakan istilah mutualan untuk menyebut pertemanan atau saling follow.

Jika dilihat dari artinya memang tidak salah. Yang namanya mutual tentu saling menguntungkan. Diharapkan dengan menjalin mutual di Telegram, sesama pengguna bisa diuntungkan satu sama lain.

Cara Mutualan di Telegram

Lantas bagaimana cara mutualan di Telegram? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mutualan di aplikasi Telegram. Berikut penjelasannya.

1. Bertukar Kontak Secara Langsung

Misal anda mendapatkan kenalan baru di dunia nyala. Anda bisa juga menjadikan kenalan baru tersebut menjadi teman di Telegram atau mutualan. Caranya tinggal minta kontak atau username Telegramnya, lalu simpan di HP anda.

Dengan begitu anda sudah bisa mutualan dan berkomunikasi dengan kenalan baru anda tersebut melalui aplikasi Telegram dengan mudah.

2. Menggunakan Fitur Chat Anonymous

Cara yang kedua untuk menjalin mutualan Telegram dengan orang lain adalah dengan memanfaatkan fitur chat anonymous yang ada di aplikasi Telegram itu sendiri. Jadi fitur tersebut berfungsi untuk mempertemukan pengguna dengan pengguna lain secara acak.

Sistem pertukarannya tanpa identitas, makanya disebut anonymous. Untuk mendapatkan kontak pengguna lain agar bisa mutualan, anda bisa memintanya saat berada pada chat anonymous tersebut.

3. Gabung ke Grup Telegram

Sama seperti aplikasi instan messenger lain, aplikasi Telegram juga dilengkapi dengan fitur chat group. Anda bisa gabung ke grup-grup komunitas sesuai dengan minat anda dan menjalin mutualan dengan sesama pengguna lain di dalam tersebut.

Tentunya saat kita bisa mutualan dengan orang yang punya minat sama akan lebih menyenangkan. Cara mencari grup di Telegram tinggal ketikkan saja melalui tombol pencarian, dan klik Join untuk bergabung ke grup tersebut.

4. Gunakan Fitur Find People Nearby

Yang terakhir anda bisa menjalin mutualan dengan orang lain dnegan memanfaatkan fitur find people nearby atau mencari pengguna Telegram lain yang lokasinya berada di sekitar kita. 

Dengan fitur tersebut kita bisa menemukan pengguna Telegram lain yang lokasinya tidak jauh dari tempat kita berada. Kita bisa langsung chat atau save kontak orang-orang tersebut agar bisa mutualan.

Sudah tertarik mencoba mutualan di Telegram agar bisa dapat teman lebih banyak? Silahkan mencobanya dan semoga bermanfaat.