Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Bergerak Sendiri

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua smartphone yang beredar di pasaran saat ini pasti sudah menggunakan teknologi touchscreen alias layar sentuh.

Ya, teknologi tersebut berluma sejak tahun 2000an lalu dan kini sudah berkembang dengan sangat pesat. Bahkan beberapa brand smartphone sudah memproduksi layar touchscreen yang bisa dilipat.

Bicara soal layar sentuh atau touchscreen, ada beberapa masalah yang terjadi pada teknologi tersebut. Salah satunya adalah layar yang bergerak sendiri alias ghost touch.


Jadi ketika layar atau LCD sedang tidak dioperasikan, gambar atau tampilan yang ada di dalamnya justru malah bergerak sendiri.

Banyak pengguna smartphone atau bahkan laptop dengan teknologi touchscreen mengalama masalah tersebut. Sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Mari kita cari tahu jawabannya.

Penyebab Layar Touchscreen Bergerak Sendiri

Ada beberapa penyabab mengapa layar HP atau laptop touchscreen bisa bergerak sendiri atau ghost touch. Salah satunya akibat kelistrikan yang tidak stabil.

Misalnya saja karena kondisi baterai yang memang sudah rusak, atau bisa juga disebabkan karena kita sering menggunakan charger dengan kualitas yang kurang baik.

Masalah ini kerap dialami berbagai merk smartphone mulai dari iPhone, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realmi, Asus, Huawei, Infinix, atau bahkan merk lokal seperti Advan.

Selain karena masalah kelistrikan, bisa saja touchcsreen bergerak sendiri akibat software yang bermasalah.

Penyebab lainnya adalah karena kelalaian pengguna seperti tertindih, jatuh, atau bahkan terkena air saat digunakan.

Apabila hal-hal tersebut dirasa tidak masalah, berarti kerusakan terjadi pada layar itu sendiri. Bagaimana cara memperbaikinya? Simak ulasan berikut.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri


Mengatasi touchscreen tertekan sendiri (ghost touch) bisa dibilang gampang-gampang susah. Apabila kita tahu penyebabnya, maka akan lebih mudah. Oleh sebab itu lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Periksa Pelindung Layar

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa pelindung layar atau screenguard. Pastikan tidak ada masalah pada pelindung layar.

Karena beberapa kasus layar bergerak sendiri akibat pelindung layar yang memiliki kualitas kurang bagus. Untuk mengeceknya coba lepas pelindung layar terlebih dahulu.

2. Kalibrasi Touchscreen

Langkah kedua yang bisa anda coba lakukan adalah melakukan kalibrasi layar sentuh terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar layar sentuh bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Anda bisa memanfaatkan berbagai software atau aplikasi yang tersedia di Play Store (kjika anda menggunakan Android). Berikut contoh aplikasi untuk kalibrasi layar HP.

3. Perbaiki Masalah Software

Selanjutnya anda bisa melakukan perbaikan pada software yang digunakan. Masalah touchscreen yang bergerak sendiri alias ghost touch bisa juga disebabkan karena masalah pada software.

Caranya bisa dengan melakukan unroot (jika HP anda pernah diroot), atau direset sehingga kembali ke pengaturan awal pabrik (factory reset).

4. Servis Touchscreen

Jika ketiga cara tadi sudah anda lakukan namun masih belum ada perubahan, kemungkinan besar masalah terjadi pada mesin atau layar itu sendiri.

Anda bisa coba membongkar HP lalu melepas konektor LCD dari mesin untuk dibersihkan. Kemudian pasang kembali untuk mencobanya. Jika tidak berhasil, maka anda bisa coba ganti LCD lama dengan LCD baru.

CATATAN PENTING : Apabila anda tidak memiliki skill reparasi HP, disarankan tidak melakukan langkah ke-4 ini. Sebaiknya anda membawa HP atau laptop yang bermasalah ke tukang servis yang ahli untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Tips Merawat Layar Touchscreen HP / Laptop


Untuk menghindari berbagai macam kerusakan pada layar sentuh baik di HP ataupun laptop seperti touchscreen bergerak sendiri, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Bersihkan Layar

Tips pertama yang bisa anda lakukan adalah memberishkan layar di HP atau laptop secara rutin. Gunakan kain fiber halus yang tidak merusak lapisan layar.

Jika anda ingin menggunakan cairan pembersih, gunakan cairan pembersih yang memang khusus untuk layar HP atau laptop.

2. Gunakan Charger Ori

Sangat tidak diasarankan bagi anda untuk menggunakan charger KW. Sebaiknya gunakan charger ori atau charger dengan kualitas bagus untuk menjaga layar agar tetap sehat.

Pasalnya masalah touchscreen bergerak sendiri banyak disebabkan karena penggunaan charger atau kabel data yang tidak ori.

3. Ganti Baterai

Apabila dirasa performa baterai anda sudah menurun atau sudah lemah, disarankan untuk menggantinya dengan baterai baru.

Pastikan anda menggunakan baterai ori atau baterai yang memang terbukti memiliki kualitas yang bagus. Jangan asal-asalan menggunakan baterai KW.

4. Jauhkan dari Panas

Anda juga harus menjauhkan perangkat anda baik itu HP atau laptop dengan touchscreen dari tempat yang memiliki suhu terlalu panas karena dapat merusak layar itu sendiri.

Tempatkan perangkat di ruangan yang memiliki suhu dingin seperti ruang ber AC. Hindarikan pula dari debu agar tidak mudah rusak.

Nah, demikianlah tadi beberapa cara mengatasi layar / LCD Touchscreen yang bergerak sendiri, baik pada HP maupun laptop. Semoga bermanfaat.