Widget Atas Posting

Cara Mengetahui Generasi Prosesor Intel dan AMD

Intel dan AMD merupakan dua raksasa produsen prosesor komputer yang namanya sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Untuk saat ini, semua jenis komputer pasti menggunakan prosesor buatan salah satu dari dua brand tersebut.

Intel sendiri terkenal dengan seri prosesor Core i3, Core i5, Core i7, sampai yang paling cepat ada Core i9. Sedangkan AMD kini punya prosesor andalan yakni seri AMD Ryzen mulai dari Ryzen 3 yang setara i3, Ryzen 5 yang serta i5, dan Ryzen 7 yang setara i7.

Bicara soal seri prosesor, tentu kita juga pernah mendengar hal yang berkaitan dengan generasi prosesor. Ya, biasa ada prosesor generasi ke berapa, baik dari AMD ataupun Intel.

Lantas sebenarnya apa itu generasi prosesor? Jadi setiap tahun produsen prosesor baik itu AMD atau Intel selalu mengeluarkan seri prosesor terbarunya.

Cara Mengetahui Generasi Prosesor Intel dan AMD

Nah, generasi tersebut lah yang menjadi penanda bahwa prosesor tersebut adalah prosesor keluaran kapan, apakah itu keluaran lama atau keluaran baru.

Apakah generasi prosesor berpengaruh terhadap performa? Tentu saja, karena setiap tahun pasti produsen prosesor melakukan berbagai macam perbaikan dan upgrade.

Produsen memasukkan teknologi anyar ke dalam prosesor terbarunya yang menjadikan prosesor tersebut lebih kencang dibanding generasi sebelumnya.

Yang jadi banyak pertanyaan pengguna komputer pemula, bagaimana cara kita bisa mengetahui generasi sebuah prosesor baik itu di PC maupun laptop? Jika anda penasaran, langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

Cara Mengetahui Generasi Prosesor Intel

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui generasi sebuah prosesor, terutama dari Intel. Cara tersebut dapat dilakukan baik untuk cek di laptop maupun PC.

Cek Tulisan Pada Sticker Intel

Cek Generasi Prosesor Intel

Cara yang pertama adalah dengan melihat sticker Intel yang biasanya tertempel pada body laptop ataupun CPU.

Untuk prosesor keluaran baru biasanya di sana sudah tertulis Intel gen-sekian yang menandakan generasi dari prosesor tersebut.

Bagi anda yang belum tahu, untuk saat ini Intel sudah masuk ke generasi 11 (Tiger Lake) yang baru diluncurkan pada akhir tahun 2020 lalu.

Cek Melalui Sistem Informasi

Cek Sistem Informasi Prosesor Laptop Intel

Jika di laptop atau CPU anda tidak terdapat sticker Intel atau informasi yang berkaitan dengan generasi prosesor, anda masih tetap bisa cek melalui fitur sistem informasi yang ada di Windows.

Bagaimana caranya? Tinggal buka aplikasi sistem informasi dengan cara pencet kombinasi tombol Windows + R, kemudian ketik msinfo32, lalu enter

Setelah itu tampilan sistem informasi akan terbuka, dan di sana akan terlihat seri prosesor yang digunakan pada sisi kanan tampilan.

Oh iya, melalui sistem informasi ini kita juga bisa mengetahui tipe laptop, kapasitas RAM, dan info penting lain seputar laptop atau PC yang kita gunakan.

Cara Membaca Kode Generasi Prosesor Intel

Baca Kode Prosesor Intel

Setelah tahu bagaimana cara melihat info kode generasi prosesor Intel melalui sistem informasi, bagaimana kita bisa tahu generasi berapa dari kode tersebut?

Contoh : Intel(R) Core(TM) i7 8500u CPU @ 3.2 GHz

Dari kode tersebut bisa diambil kesimpulan :
  • i7 : merupakan seri prosesor
  • 8500 : angka 8 yang ada di depan merupakan generasi
  • u : huruf u di belakang merupakan jenis prosesor (hemat baterai atau performance)
  • 3,2 GHz : merupakan kecepatan atau clock speed
Jadi dapat disimpulkan bahwa prosesor yang digunakan adalah prosesor Intel core i7 generasi ke-8 dengan kecepatan 3,2 GHz

Cara Mengetahui Generasi Prosesor AMD

Cara Mengetahui Generasi Prosesor AMD

Lantas bagaimana dengan AMD? Sebenarnya caranya sama saja dengan Intel. Namun untuk seri AMD sedikit lebih membingungkan karena untuk seri lawasnya memang sulit dibedakan.

Namun untuk seri Ryzennya, kita bisa mengetahui dengan mudah hanya melihat kode angka di belakang prosesor tersebut.

Cara ceknya juga bisa melalui sistem informasi yang ada di Windows, yakni dengan Windows + R, lalu ketik msinfo32, dan enter.

Setelah itu tentu akan muncul info yang berkaitan dengan seri prosesor AMD yang digunakan. Contohnya saja AMD Ryzen 5-3500U.

Penjelasannya :
  • Ryzen 5 : merupakan seri prosesor AMD yang digunakan
  • Angka 3 : menandakan bahwa prosesor tersebut generasi 3 atau 3000 series
  • Huruf U : menandakan jenis prosesor (efisiensi atau performance)
Sampai saat ini, AMD sudah mencapai generasi ke 5, itu artinya ada prosesor AMD series 1000, 2000, 3000, 4000, dan 5000 baik itu untuk Ryzen 3, 5, atau 7.

Nah, itulah tadi bagaimana cara membedakan generasi prosesor Intel ataupun AMD dengan mudah tanpa perlu pusing.