Widget Atas Posting

Cara Mengganti Icon dan Nama Aplikasi di Android dengan Mudah

Di tahun 2021 ini, hampir semua smartphone yang beredar di pasaran menggunakan sistem operasi berbasis Android. Mulai dari smartphone buatan Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, dan lain-lain semuanya menggunakan OS Android.

Bukan tanpa alasan, karena sistem operasi Android sangat mudah untuk dikostumisasi menyesuaikan kebutuhan dan selera produsen smartphone itu sendiri.

Misal Xiaomi punya custom OS Android sendiri yang dinamai MIUI. Begitupun Samsung yang punya OneUI, dan beberapa merk smartphone lainnya.

Meski sama-sama Android, namun tampilan OS di masing-masing brand smartphone punya karakter atau ciri-ciri yang berbeda-beda.

Selain itu, para pengguna smartphone Android juga masih bisa melakukan kostumisasi di berbagai sektor tampilan agar sesuai dengan selera masing-masing.

Tak hanya sekedar mengganti wallpaper atau latar belakang, pengguna HP Android juga bisa mengganti icon dan nama aplikasi.

Beberapa custom UI sudah memasukkan fitur untuk ganti icon dan nama aplikasi. Namun beberapa custom UI lainnya belum.

Namun anda tak perlu kawatir karena meski belum ada fitur untuk ganti icon dan nama aplikasi, kita masih tetap bisa melakukannya. Bagimana caranya?

Cara Mengganti Icon dan Nama Aplikasi Android

Dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mengganti icon dan nama aplikasi Android dengan mudah.

1. Awesome Icon

Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk mengganti icon dan nama aplikasi di HP Android anda yakni Awesome Icon.

Aplikasi yang satu ini sangatlah ringan dan bisa diunduh secara gratis di Play Store. Meski ringan, namun aplikasi ini sangatlah powerfull.

Dengan menggunakan Awesome Icon, anda bisa dengan leluasa mengganti icon dan nama aplikasi Android sesuai selera.

2. Icon Changer

Aplikasi kedua yang bisa anda manfaatkan untuk mengganti icon dan nama aplikasi di Android yaitu Icon Changer.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Icon Changer termasuk salah satu aplikasi yang ringan dan memiliki ukuran kecil.

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur untuk kustomisasi icon dengan gampang. Beberapa pilihan keren juga sudah disediakan oleh aplikasi ini dan bisa langsung anda gunakan.

3. APK Editor

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama APK Editor. Tidak hanya dapat digunakan untuk mengganti icon dan nama aplikasi, APK Editor juga bisa digunakan untuk kustomisasi lain pada aplikasi.

Ya, jika anda mahir dalam hal coding, bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk kustomisasi dan memaksimalkan fungsi dari suatu aplikasi.

Memang APK Editor ini tidak sesimpel aplikasi-aplikasi pengganti icon lainnya, namun soal kemampuannya sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

4. Nova Launcher

Yang terakhir ada aplikasi yang bernama Nova Launcher. Sebenarnya aplikasi ini merupakan aplikasi launcher yang sangat populer.

Aplikasi Nova Launcher ini tidak hanya bisa merubah bentuk homescreen saja, namun juga bisa digunakan untuk kustomisasi tampilan icon aplikasi.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa melakukan kustomisasi yang lebih lengkap termasuk ganti nama sampai dengan ubah bentuk font.

Bagaimana, sangat lengkap dan gampang bukan? Silahkan diprakterkkan cara mengganti icon dan nama aplikasi di Android tadi menggunakan beberapa aplikasi yang sudah kami share.