Widget Atas Posting

Cara Servis Aki Basah Sepeda Motor dan Mobil yang Soak

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa aki atau accu merupakan salah satu bagian yang sangat pending dalam sebuah kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil.

Tanpa adanya aki, kelistrikan yang ada pada kendaraan tidak akan bekerja. Oleh sebab itu kita harus menjaga fungsi dari aki itu sendiri agar kendaraan juga bisa digunakan dengan baik.

Bicara soal aki, ada dua jenis aki yang kita kenal sekarang ini. Ada aki kering, dan juga ada aki basah. Sebagian besar kendaraan masa kini sudah menggunakan aki kering.

Namun tak sedikit pula kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil yang masih menggunakan aki bahas sebagai sumber kelistrikan utama di dalamnya.

Buat anda yang belum tahu, aki digunakan sebagai sumber listrik pada kendaraan. Contohnya untuk menyalakan lampu, klakson, sampai dengan hand starter.

Kembali ke topik aki basah, ada beberapa kelebihan yang didapat jika kita menggunakan aki basah dibanding dengan aki kering.

Kelebihan tersebut diantaranya adalah harganya yang lebih murah, mudah didapatkan di pasaran, dan juga mudah diperbaiki apabila mengalami kerusakan.

Nah, pada kesempatan ini kami akan bagikan tips bagaimana cara memperbaiki aki basah sepeda motor atau mobil yang soak alias rusak.

Cara Servis Aki Basah Sepeda Motor / Mobil

Ada beberapa langkah yang bisa anda coba untuk memperbaiki aki basah yang soak atau rusak. Penasaran? Simak ulasan berikut.

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk servis aki basah yang rusak adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat bahan yang diamaksud antara lain adalah aki yang rusak itu sendiri, obeng, charger aki, kabel penghubung, kuas, air aki baru, dan juga air tawar.

2. Lepas Aki dan Buka Tutupnya

Selanjutnya silahkan lepaskan aki yang soak dari sepeda motor ataupun mobil. Jika sudah, silahkan buka tutup aki dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan.

Lakukan dengan hati-hati. Apabila tutup sudah terlepas, silahkan bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain lap atau kuas.

3. Bersihkan Lagi dengan Air

Langkah selanjutnya adalah bersihkan lebih lanjut dengan menggunakan air putih yang sudah disiapkan sebelumnya.

Oh iya, proses pembersihan ini bisa anda lakukan setelah membuang air aki yang lama. Caranya tinggal masukkan air ke dalam lubang aki lalu tutup dan kocok-kocok sampai bersih.

Apabila sudah, silahkan keringkan aki tadi dengan kain lap sampai bersih dan tidak ada sisa-sisa air yang digunakan untuk membersihkan tadi.

4. Masukkan Air Aki

Apabila semua dirasa sudah bersih dan kering, langkah berikutnya silahkan isi dengan air aki yang sudah disiapkan tadi.

Isi sampai batas pengisian penuh dan jangan sampai tumpah karena bisa menyebabkan masalah. Pastikan anda mengisinya dengan air aki baru alias bukan air aki bekas.

5. Lakukan Pengecasan Aki

Setelah mengisi air aki, yang harus anda lakukan adalah melakukan isi daya atau cas aki agar bisa digunakan sebagaimana seharusnya.

Caranya tinggal hubungkan konektor yang ada pada aki dengan charger aki menggunakan kabel. Lakukan dengan teliti dan hati-hati.

Proses pengisian daya aki membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu sebaiknya anda bersabar.

Semoga info terkait cara servis atau memperbaiki aki basah sepeda motor dan mobil yang soak plus rusak tadi bermabfaat.