Widget Atas Posting

Cara Kompres Video di HP Tanpa Mengurangi Kualitas

Semakin canggih perkembangan teknologi tentu akan membuat hidup manusia semakin dimudahkan. Dulu kita hanya bisa menonton video di komputer dan televisi. Beda dengan sekarang ini, kita bisa nonton video dengan mudah di sebuah smartphone.

Dengan begitu kita bisa dengan santai menonton video sembari rebahan di kasur. Bicara soal video di smartphone, tentu kita semua sudah tahu bahwa kualitasnya bermacam-macam. Ada video dengan kualitas tinggi, dan ada juga video dengan kualitas rendah.

Biasanya video yang memiliki kualitas tinggi seperti video 4K, pasti punya ukuran atau size yang sangat besar. Sebaliknya, video berkualitas rendah, pasti punya ukuran yang kecil.

Cara Kompres Video di HP Tanpa Mengurangi Kualitas

Yang jadi pertanyaan banyak orang, bisakah kita mengkompress atau mengecilkan video yang berkualitas tinggi agar ukurannya kecil, namun tidak mengurangi kualitas video tersebut? Jawabannya adalah bisa!

Ya, saat ini sudah banyak aplikasi canggih yang memungkinkan kita untuk bisa kompres video dengan ukuran kecil, namun kualitasnya tetap bagus. Kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut baik di Android maupun iPhone.

Nah kali ini kami akan bagikan tutorial khusus bagaimana cara kompres video di HP baik itu Android ataupun iPhone dengan aplikasi khusus tanpa mengurangi kualitas video yang dikompres.

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas di Android

Untuk di perangkat Android, kita membutuhkan sebuah aplikasi khusus bernama Video Converter. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di Play Store. Berikut langkah-langkah cara menggunakan aplikasi Video Converter untuk kompres video.
  1. Pertama, jalankan aplikasi Video Converter yang ada di HP Android anda
  2. Setelah aplikasi terbuka, cari dan pilih video yang ingin dicompress
  3. Jika sudah, klik tombol Convert yang ada di sebelah bawah
  4. Setting output video seperti berikut 
    - Size : sesuaikan dengan kebutuhan, misal 10 MB
    - Container : .3gp
    - Codec : MPEG-4
    - FPS : keep original
    - Resolution : keep original
    - Rate : keep original
  5. Jika sudah, langsung mulai proses convert dengan klik tombol Start
  6. Tunggu sampai proses selesai
Cukup mudah bukan? Video hasil kompres tadi secara otomatis akan tersimpan di file manager dan bisa langsung diputar melalui galeri.

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas di iPhone

Lantas bagaimana jika kita menggunakan iPhone? Mudah saja, kita hanya perlu menggunakan aplikasi yang bernama Compress yang bisa diunduh secara gratis di App Store. Berikut cara menggunakannya.
  1. Pertama, buka aplikasi Compress
  2. Klik tombol + untuk mencari video yang ingin dikompres
  3. Setelah itu atur Fremarate dan Video Dimension sesuai kebutuhan. Semakin kecil frame rate dan video dimension, semakin kecil pula output ukuran video yang dihasilkan. Namun disarankan jangan terlalu kecil juga karena akan merusak kualitas video
  4. Jika sudah, klik tombol Compress dan tunggu sampai prosesnya selesai

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Online

Dua cara tadi terbukti mudah dan berhasil untuk mengkompres video agar punya ukuran kecil namun kualitasnya bagus. Namun bagi anda yang tidak ingin repot-repot install aplikasi tambahan, bisa mengkompres video secara online.

Ada banyak sekali situs yang menyediakan layanan kompres video secara online tanpa aplikasi baik yang gratis maupun berbayar. Salah satunya adalah VideoSmaller.com. Melalui situs tersebut kita bisa kompres video dengan kualitas bagus secara gratis.

Caranya tinggal buka situs VideoSmaller.com, klik tombol Browser untuk mencari video yang ingin dikompres. Setelah itu pilih Upload Video, dan klik tombol Compress. Tunggu sampai proses upload dan compres selesai. Jika sudah, klik tombol Download Video.

Nah, video sudah berhasil dikompres. Untuk menggunakan cara ini, kita perlu speed internet yang stabil dan cukup kencang karena kita melakukan proses upload dan download video yang ukurannya relatif besar.

Semoga info mengenai cara kompres video tanpa mengurangi kualitas lewat HP Android, iPhone, maupun secara online tadi bermanfaat.