Widget Atas Posting

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Lewat HP dan Laptop

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di musim pandemi seperti saat ini, hampir semua sektor kegiatan dilakukan secara daring alias online. Termasuk kegiatan pembelajaran mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Jadi guru menyampaikan materi kepada para siswanya secara jarak jauh melalui media internet. Salah satu jenis media yang digunakan adalah Google Classroom. Hal tersebut juga berlaku ketika guru hendak memberikan ulangan atau ujian.

Biasanya para guru menggunakan media Google Form untuk ujian. Jadi guru mengupload soal di Google Form, kemudian diberikan kepada siswanya. Siswa bisa langsung menjawab pertanyaan melalui Google Form, dan hasilnya bisa langsung dilihat oleh guru.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Lewat HP dan Laptop

Namun media Google Form tersebut memiliki kekurangan fatal. Ya, siswa bisa mengetahui jawaban yang ada di Google Form dengan sebuah trik khusus yang bisa dibilang cukup sederhana. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu akan hal tersebut.

Ya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jawaban mana yang benar dalam sebuah kuis atau pertanyaan di Google Form. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fitur bernama Inspect Element.

Fitur tersebut sebenarnya banyak digunakan oleh para programmer untuk menganalisa source code sebuah website. Namun tidak hanya itu saja, kita bisa memanfaatkan fitur Inspect Element tersebut untuk kebutuhan lain, termasuk melihat jawaban di Google Form.

Berikut kami berikan info sebagai penambah wawasan bagaimana cara mengetahui jawaban di Google Form atau Google Classroom menggunakan fitur Inspect Element.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Lewat Laptop

Untuk cara yang pertama ini bisa dilakukan lewat laptop atau PC dengan sistem operasi Windows mulai dari Windows 7 hingga Windows 10. Selain itu kita juga membutuhkan aplikasi browser Google Chrome. Berikut step by step pengaplikasiannya.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Lewat Laptop
  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Google Chrome anda
  2. Setelah itu buka url/link kuis atau ujian anda yang ada di Google Form
  3. Tunggu beberapa saat sampai halaman kuis terbuka dengan sempurna
  4. Langkah berikut masuk ke Inspect Element. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke Inspect Elemet, diantaranya :
    - Klik kanan pada bagian kosong halaman, lalu pilih Inspect Element
    - Gunakan kombinasi tombol Ctrl + U
  5. Terlihat ada banyak sekali barisan kode yang cukup rumit
  6. Langkah berikutnya gunakan menu pencarian atau Ctrl + F
  7. Masukkan beberapa kata yang ada pada soal untuk mencari jawabannya
  8. Silahkan amati pada baris berikutnya. Perhatikan struktur kode yang ada. Diantara beberapa pilihan jawaban, pasti ada salah satu struktur kode yang berbeda. Nah, itulah jawaban yang benar
Memang untuk mengetahui struktur kode yang berbeda sedikit rumit. Namun jika anda sudah terbisa dengan kode-kode html, pasti akan lebih mudah. Pelajari lebih lanjut dan aplikasikan.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Lewat HP

Lantas bagaimana jika kita tidak memiliki komputer atau laptop, alias hanya menggunakan HP Android saja? Jawabannya adalah sama. Karena di aplikasi Google Chrome Android juga tersedia fitur inspect element.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Lewat HP Android

Hanya saja jika kita mencari kode html dengan menggunakan inspect elemet yang ada di HP Android, tentu akan lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan laptop. Oleh sebab itu ada trik lain yang bisa anda coba, yakni dengan mencari jawabannya langsung di Google alias browsing.

Lantas bagaimana jika halaman ujian tertutup?

Tenang, kita bisa memanfaatkan fitur split screen yang ada di HP Android. Hampir semua HP Android yang ada saat ini sudah dilengkapi fitur tersebut. Jadi jika bisa membagi layar Android menjadi 2, satu untuk ujian, satu lagi untuk browsing.

Namun cara-cara tadi tidak direkomendasikan untuk anda coba saat ujian. Informasi yang kami bagikan tadi sifatnya hanya untuk menambah wawasan saja. Karena kembali ke prinsip, ujian itu dilakukan untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman anda terhadap sebuah materi.

Jika anda menggunakan cara-cara tadi, berarti anda sudah mengingkari prinsip dari ujian itu sendiri. Silahkan gunakan otak anda untuk berfikir dan belajar agar bisa mendapatkan nilai ujian yang bagus.

Percuma jika nilai bagus, namun dari hasil yang tidak benar. Oke, semoga info mengenai cara mengetahui jawaban di Google Form tadi bisa menambah wawasan kita semua sebagai pembaca.