Widget Atas Posting

Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terhapus Untuk Saya

Tahukah anda bahwa kini aplikasi WhatsApp memiliki fitur untuk menghapus pesan yang sudah dikirim? Ya, fitur tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama, namun tidak semua pengguna WA tahu dan familiar dengan fitur tersebut.

Ada dua model penghapusan pesan di aplikasi WA. Yang pertama hapus pesan untuk diri sendiri (penerima masih bisa melihat isi pesan), dan yang kedua hapus pesan untuk semua orang (pengirim dan penerima tidak bisa lihat isi pesan). 

Kadang kala kita sebagai manusia kerap salah tulis atau salah pencet. Niat ingin menghapus pesan WA untuk semua, malah terpencet hapus pesan untuk diri sendiri. Alhasil orang yang kita kirimi WA tetap bisa membaca isi pesannya.

Banyak pengguna WA yang bertanya-tanya, bagaimana jika kita terlanjur menghapus pesan WA untuk diri sendiri, padahal kita ingin menghapusnya untuk semua orang. Apakah pesan tersebut bisa dikembalikan, lalu kita menghapusnya ulang?

Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terhapus Untuk Saya

Jawabannya adalah bisa. Ya, jadi kita bisa mengembalikan pesan yang tidak sengaja terhapus untuk diri sendiri (Saya) tersebut, kemudian menghapusnya untuk semua orang agar si penerima tidak mengetahui isi pesan yang kita kirimkan. Penasaran bagaimana caranya? Simak baik-baik tutorial berikut ini.

Cara Hapus Pesan WA yang Sudah Terhapus Untuk Saya

Ada dua step yang harus dilakukan agar kita bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terhapus untuk saya. Yang pertama adalah mengembalikan pesannya terlebih dahulu, kemudian menghapus ulang pesan tersebut.

1. Mengembalikan Pesan WA yang Terhapus

Perlu anda ketahui bahwa pesan yang sudah dihapus di WA, tidak benar-benar terhapus saat itu juga. Datanya masih tersimpan di database sehingga kita bisa mengaksesnya. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

Mengembalikan Pesan WA yang Terhapus
  1. Pertama, silahkan buka File Manager yang ada di HP anda
  2. Setelah itu masuk ke folder WhatsApp
  3. Jika sudah, masuk ke sub folder Database
  4. Cari data dalam folder tersebut yang memiliki format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt**
  5. Setelah ketemu, backup data tersebut ke folder lain. Caranya tinggal copy data tersebut, kemudian masuk ke folder lain, lalu paste
  6. Setelah itu lanjut hapus atau uninstall aplikasi WA anda
  7. Langkah berikutnya, rename file yang sudah anda backup tadi menjadi msgstore.db.crypt**
  8. Jika sudah, kembalikan file tadi ke folder Database
  9. Setelah itu install ulang dan login menggunakan nomor HP anda
  10. Taraa.... Isi pesan yang sudah terhapus telah muncul kembali

2. Menghapus Ulang Pesan yang Sudah Dipulihkan

Jika semua pesan yang sudah terlanjur terhapus tadi sudah muncul di aplikasi WA anda, langkah berikutnya adalah menghapus lagi pesan tersebut. Ingat, jangan sampai salah lagi. Pilih Hapus Pesan Untuk Semua, bukan untuk saya.

Dengan begitu isi pesan akan terhapus, baik untuk anda dan untuk si penerima pesan. Lakukan trik ini sebelum pesan yang anda kirim dibaca oleh penerima. Jika sudah, tentu anda akan percuma melakukannya karena isi pesan sudah terlanjur terbaca.

Silahkan gunakan trik ini dengan bijak. Jangan sampai anda menggunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan untuk sesuai yang bermanfaat seperti menolong orang.

Sekian info cara hapus pesan WA yang sudah terlanjur terhapus untuk saya. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi seluruh pembaca.