Widget Atas Posting

Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Percuma saja punya smartphone mahal namun baterainya cepat habis. Jadinya kita tidak bisa melakukan banyak hal dengan leluasa karena sering ngecas HP.

Berbicara soal baterai HP, saat ini sudah banyak produsen yang menanamkan baterai berkapasitas besar pada produk buatannya. Tujuannya tak lain untuk menjaga agar daya tahan HP bisa lama, terutama saat digunakan untuk aktivitas berat seperti mengedit video maupun main game.

Namun hal tersebut belum tentu bisa menjamin bahwa sebuah smartphone bisa digunakan dalam waktu yang benar benar lama. Pasalnya beberapa pengguna smartphone mengeluhkan masalah baterai HP yang cepat habis padahal tidak dipakai sama sekali.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa sebuah HP bisa kehabisan baterai padahal sedang tidak dipakai. Berikut akan kami ulas secara lengkap khusus untuk anda semua agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan terkait masalah masalah pada HP.

Malware atau Virus

Permasalahan baterai HP yang cepat habis padahal tidak dipakai, bisa disebabkan karena malware atau virus yang menyerang HP. Kasus ini biasa terjadi di HP bersistem operasi Android. Penyebabnya bisa jadi karena kita menginstall aplikasi yang tidak resmi.

Virus atau malware membuat sistem bekerja terlalu berat sehingga membuat baterai cepat habis meski sedang tidak dipakai. Hal ini ditandai dengan HP yang tiba tiba panas dan baterai berkurang drastis ketika tidak digunakan.

Baterai Mulai Rusak

Penyebab lain mengapa baterai cepat habis padahal sedang tidak dipakai adalah karena baterai tersebut sudah mulai rusak. Perlu diketahui bahwa seiring berjalannya waktu, performa baterai HP semakin menurun. Tentunya hal tersebut berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Jika baterai HP anda mengalami penurunan yang drastis bahkan ketika sedang tidak dipakai, bisa jadi baterai tersebut sudah mulai rusak dan harus diganti dengan baterai yang baru. Namun sebelum itu perika terlebih dahulu apakah baterai tersebut benar benar mulai rusak atau tidak.

Perlu Kalibrasi Ulang

Tak jarang kasus baterai HP cepat habis disebabkan karena masalah kalibrasi. Jadi baterai tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya karena perlu dikalibrasi ulang. Ada banyak sekali cara untuk mengkalibrasi baterai HP.

Salah satunya adalah dengan menggunakan HP hingga daya baterai benar benar habis, kemudian mendiamkannya selama beberapa waktu, lalu diisi sampai benar benar penuh. Ada beberapa jenis baterai yang juga punya cara kalibrasi berbeda.

Terlalu Banyak Aplikasi

Selain itu baterai HP cepat habis juga bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall dalam HP. Aplikasi tersebut berjalan di background sehingga terus memakan daya baterai meskipun sedang tidak digunakan.

Biasanya aplikasi aplikasi seperti ini bekerja dengan menggunakan akses internet dan juga GPS sehingga membuat baterai menjadi sangat boros. Jadi ada baiknya jika anda menguninstall beberapa aplikasi yang memang tidak penting.

Susah Sinyal

Mungkin anda tidak menyangka bahwa bagus tidaknya sinyal juga bisa berpengaruh terhadap konsumsi baterai di HP. Ya, ketika HP berada di daerah yang susah sinyal, maka HP akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal.

Efeknya HP menjadi panas dan baterai menurun secara drastis. Tanpa disadari meskipun saat kita tidak menggunakannya, persentase baterai tetap menurun secara drastis. Itulah yang menjadi salah satu penyabab baterai HP cepat habis meskipun tidak digunakan.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Setelah tahu beberapa penyebab baterai cepat habis meski tidak dipakai, tentu kita bisa melakukan tindakan agar hal tersebut dapat teratasi. Beberapa beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah baterai cepat habis meksi tidak dipakai.

Gunakan Antivirus

Untuk mengatasi masalah baterai HP yang cepat habis akibat malware atau virus, bisa dengan cara menginstall antivirus. Anda bisa menggunakan antivirus terpercaya yang bisa didownload langsung di Play Store khusus pengguna Android.

Kalibrasi Baterai

Solusi kedua untuk mengatasi masalah baterai cepat habis meski tidak dipakai adalah dengan melakukan kalibrasi baterai. Tujuannya adalah untuk mengembalikan performa baterai agar bisa kembali bekerja secara normal sebagai mana mestinya.

Nyalakan Airplane Mode

Jika anda berada di daerah susah sinyal yang membuat kondisi baterai menjadi cepat habis, maka yang perlu anda lakukan adalah menyalakan airplane mode. Tujuannya adalah agar HP tidak bekerja ekstra untuk mencari sinyal yang membuat HP cepat panas dan baterai cepat habis.

Uninstall Aplikasi

Selain itu anda juga bisa menguninstall beberapa aplikasi yang membuat baterai menjadi cepat habis. Selain dapat membuat baterai menjadi lebis awet, menghapus beberapa aplikasi yang tidak dipakai juga bisa membuat performa HP jadi lebih baik.

Tips Menjaga Baterai HP Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak


Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan baterai agar awet dan tidak cepat rusak. Silahkan coba beberapa tips berikut. Dijamin baterai HP anda akan lebih awet dan tidak cepat rusak.

  • Jangan gunakan HP sambil dicas, apalagi untuk main game
  • Jaga suhu HP agar tidak terlalu panas
  • Gunakan airplane mode saat berada di daerah susah sinyal
  • Hindari menggunakan full brightnes pada layar
  • Gunakan wallpaper bernuansa gelap
  • Hindari menggunakan wallpaper animasi
  • Hapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai
  • Selalu gunakan charger ori
  • Hindari mengecas HP selama semalam penuh

Akhir Kata

Nah, itulah tadi ulasan lengkap mengenai masalah kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai, lengkap beserta bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi para pengguna HP semuanya di manapun kalian berada.