Widget Atas Posting

Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis

Di pertengahan tahun 2021 ini ramai kabar bahwa Kominfo akan melakukan pemblokiran terhadap saluran TV analog. Menurut info yang beredar, seluruh saluran TV analogi akan dihapus dan digantikan oleh saluran TV digital.

Alhasil kita harus menggunakan antena digital untuk bisa menikmati siaran digital TV. Saat ini sudah hampir semua saluran TV nasional sudah bermigrasi ke jalur digital. Secara otomatis kita juga harus beralih dari TV analog ke TV digital.

Untuk bisa menikmati seluruh siaran televisi digital, kita tidak perlu membeli televisi baru. Agar bisa menikmatinya, kita cukup menggunakan antena TV digital. Selain itu kita juga bisa menggunakan alat yang bernama set top box TV digital.


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai antena televisi digital maupun set box TV digital, mungkin ada beberapa dari anda yang masih belum tahu sebenarnya apa perbedaan antara TV analog dan digital. Buat anda yang ingin tahu, bisa baca ulasan berikut.

Perbedaan TV Analog dan Digital

Analogi TV adalah jenis televisi yang hanya bisa menangkap frekuensi sinyal jenis analog (teknologi lawas). Sedangkan digital TV adalah jenis televisi yang dapat menangkap frekwensi sinyal digital (teknologi baru).

Perbedaan mendasar antara TV analog dengan TV digital sebenarnya terletak pada jenis sinyal yang dipancarkan dan diterima oleh perangkat televisi. Jelas, sinyal digital lebih bagus dibandingkan dengan sinyal analog.

Hal tersebut juga berdampak pada kualitas gambar yang dapat ditampilkan oleh televisi. TV digital mampu menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik ketimbang TV analog. Di TV digital tidak ada yang namanya buram atau banyak semut. Semua siaran ditampilkan secara jernih.

Beda halnya dengan TV analog yang biasanya kita harus memutar mutar antena agar bisa mendapatkan kualitas siaran yang jernih. Hampir semua televisi keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur untuk menangkap sinyal digital. Lantas bagaimana dengan jenis TV yang lama?

Untuk TV lama, kita bisa menggunakan antena TV digital atau alat yang bernama set top box TV digital. Dengan alat tersebut kita bisa membuat televisi jadul seperti TV tabung maupun LCD dapat menangkap sinyal digital dengan baik.

Harga Set Top Box TV Digital Terbaik

Buat anda para pengguna televisi jadul, tentunya penasaran sebenarnya berapa harga antena TV digital atau STB digital agar bisa menangkap siaran kekinian? Sebenarnya harganya tidak terlalu mahal dan terbilang masih bisa dijangkau oleh masyarakat.


Berdasarkan informasi yang kami dapat dari marketplace online, bahwa harga digital TV box alias antena untuk menangkap saluran digital berkisar antara 18 ribu rupiah sampai dengan 200 ribu rupiah tergantung merk serta fitur yang ditawarkan.

Model atau bentuk dari STB antena digital pun beragam, ada yang modelnya seperti antena konvensional, ada pula yang modelnya hanya kotak seperti modem atau router wifi. Dari sekian banyak model dan jenis, yang paling populer adalah yang punya bentuk simpel.

Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis

Sebenarnya kita bisa membeli antena televisi digital di toko toko elektronik baik online maupun offline. Namun perlu anda tahu bahwa baru baru ini Kominfo meluncurkan program bagi bagi set top box TV digital gratis untuk masyarakat Indonesia.

Yang jadi pertanyaan, lantas bagaimana cara agar kita bisa mendapatkannya? Buata anda yang tertarik dan ingin tahu bagaimana caranya, langsung saja simak baik baik info cara dapat STB TV digital gratis dari Kominfo berikut ini.

  1. Pertama tama siapkan foto terbaik anda, kemudian pasang twibbon dari link https://twb.nz/lombahutrimodi
  2. Unggah foto twibbon yang sudah disipakan tadi ke akun Instagram yang anda miliki
  3. Tan dan mention akun @siarandigitalindonesia
  4. Selanjutnya follow dan subscribe semua akun sosial media Siaran Digital Indonesia
  5. Tunggu info lebih lanjut jika anda beruntung maka anda akan dihubungi oleh Kominfo untuk mendapatkan STB TV digital gratis
Menurut info terbaru, Kominfo akan memilih foto terbaik dan terunik berdasarkan kreatifitas. Oleh sebab itu silahkan update foto paling menarik yang anda miliki agar kesempatan mendapatkan STB digital menjadi semakin lebar.

Selain cara tadi, sebenarnya Kominfo juga sudah menyiapkan ribuan set top box yang akan dibagikan secara cuma cuma. Namun Kominfo memilih penerimanya yang sudah terdaftar di Dinsos. Itu artinya alat TV digital ini dikhususnya untuk kalangan miskin.

Merk Set Top Box TV Digital Terbaik


Kominfo telah merilis beberapa seri antena TV digital atau alat set top box TV digital yang sudah tersertivikasi. Jika anda ingin membelinya, bisa coba pilih salah satu diantara list yang ada. Berikut daftarnya.

  • Polytron PDV 600T2
  • Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  • Akari ADS-2230
  • Akari ADS-168
  • Akari ADS-210
  • Ichiko 8000HD
  • Mito 3255
  • Tanaka T2
  • Venus Brio

Akhir Kata

Nah, demikianlah tadi informasi terbaru mengenai bagaimana cara mendapatkan set top box TV digital gratis dari Kominfo. Semoga info ini bisa anda manfaatkan sebaik baiknya untuk mendapatkan alat TV digital secara gratis.