Widget Atas Posting

Cara Mengganti Nada Notifikasi WA dengan Suara Google

WhatsApp atau yang juga dikenal dengan nama WA kini menjadi salah satu aplikasi messenger paling populer di dunia. Aplikasi yang manjadi anak buah salah satu perusahaan besar bernama Meta ini sukses berkat fitur fitur serta keunggulan yang ditawarkannya.

Salah satunya adalah kemudahan dalam penggunaan. Aplikasi WhatsApp bisa langsung digunakan dengan nomor HP tanpa perlu nama akun atau yang lainnya. Jadi lebih simpe dan praktis. WhatsApp bisa digunakan untuk kebutuhan chat pribadi maupun chat grup.

Seperti yang kita tahu bahwa saat menerima pesan WA, biasanya kita mendengar notifikasi dan juga nada dering yang khas. Tahukah anda bahwa kita bisa menggati nada dering atau nada notifikasi tersebut sesuai dengan keinginan.

Cara Mengganti Nada Notifikasi WA dengan Suara Google

Banyak pengguna WA yang penasaran dan bertanya tanya, bisakah kita mengganti nada dering WA dengan suara Google? Jawabannya adalah sangat bisa. Jadi kita bisa mengkostumisasi suara Google kemudian dijadikan sebagai nada notifikasi WA.

Caranya sangat mudah, tidak perlu tambahan aplikasi pihak ketiga yang terinstall pada smartphone. Cukup gunakan layanan yang ada di internet saja untuk membuat suara Google sesuai dengan kemauan. Jika anda penasaran, berikut tutorial lengkapnya.

1. Buat Nada Dering WA dengan Suara Google

Step pertama yang harus kita lakukan adalah membuat nada dering atau nada notifikasi terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan bantuan situs yang bernama Voice of Text ataupun Sound of Text. Berikut langkah langkahnya.
  1. Pertama tama silahkan buka aplikasi web browser di HP anda. Bebas bisa Chrome, browser bawaan, atau browser yang lain
  2. Setelah itu buka link voiceoftext.com atau soundoftext.com
  3. Tunggu beberapa saat sampai halaman voiceoftext.com atau soundoftext.com terbuka sempurna
  4. Jika sudah, langsung masukkan kata atau kalimat yang ingin anda jadikan nada dering WA. Misal "awas ada WA baru"
  5. Jangan lupa pilih bahasa sesuai dengan kata kata yang anda masukkan tadi. Misal bahasa Indonesia
  6. Tentukan juga nada suara yang ingin anda gunakan, mau Google laki laki atau perempuan
  7. Jika sudah, klik tombol Convert to Voice dan tunggu beberapa saat sampai muncul tombol Download
  8. Setelah muncul tombol Download, langsung klik tombol tersebut dan secara otomatis file MP3 nada dering WA suara Google tersimpan di HP anda

2. Menambahkan Nada Dering Suara Google

Langkah kedua agar kita bisa menggunakan nada dering suara Google untuk WA, maka kita harus measukkan terlebih dahulu file MP3 yang sudah didownload ke folder notifikasi. Tujuannya agar saat kita menggantinya di WA, nada tersebut akan muncul. Berikut tutorialnya.
  1. Pertama tama buka aplikasi File Manager atau sejenisnya
  2. Cari file MP3 suara Google yang sudah didownload sebelumnya
  3. Pindahkan file tersebut ke folder notifikasi
  4. Nada Google akan otomatis muncul di pilihan nada dering WA

Cara lainnya bisa juga melalui menu Pengaturan atau Settings di HP Android, lalu pilih Notifikasi dan Suara. Jika sudah, klik ikon + atau tambah nada dering, lalu cari file MP3 nada notif Google yang sebelumnya sudah didownload. 

3. Mengganti Nada Notifikasi WA dengan Suara Google

Cara Mengganti Nada Dering WA dengan Suara Google

Step ketiga setelah kita memasukkan nada dering Google ke sistem HP, langsung saja aplikasikan ke WA. Bagaimana caranya? Buat anda yang masih belum tahu bagaimana cara ganti nada dering WA, bisa langsung simak tutorial berikut.
  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi WA anda
  2. Setelah itu klik ikon tiga titik yang ada di pojok atas, pilih Pengaturan atau Settings
  3. Pilih menu Notifications
  4. Klik Sound, lalu cari nada suara Google
Anda bisa mengganti nada notifikasi WA baik untuk chat pribadi maupun chat grup. Nadanya bisa dibuat sama ataupun berbeda sesuai dengan keinginan masing masing. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai cara mengganti nada notifikasi WA dengan suara Google. Semoga bisa bermanfaat bagi para pengguna WA semuanya di manapun anda berada. Jangan lupa share agar lebih banyak lagi orang yang mendapatkan manfaatnya.