Widget Atas Posting

Penyebab Laptop Mati Total dan Berapa Biaya Servicenya

Komputerrakitan.net - Pasti kita semua penasaran bukan apabila laptop tiba tiba mati total? Sebenarnya apa yang menjadi penyebab laptop mati total dan berapa biaya service jika laptop mati total? Mari kita cari tahu bersama pada artikel berikut ini.

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, laptop menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting dan harus dipenuhi bagi sebagian orang. Terutama bagi mereka yang bekerja di dunia kantor, atau bagi pelajar yang membutuhkan perangkat sekedar untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Terlebih lagi di masa pandemi. Banyak hal yang harus dilakukan dari rumah mulai dari diskusi, mengerjakan proyek, hingga meeting secara online. Tentunya akan sangat kacau apabila laptop yang kita gunakan sehari hari tiba tiba mati dan tidak bisa digunakan.

Penyebab Laptop Mati Total dan Berapa Biaya Servicenya
Laptop Mati Total

Banyak pengguna laptop yang mengeluhkan hal tersebut. Saat dipakai tiba tiba laptop mati dan tidak bisa digunakan lagi sebagai mana mestinya. Nah, jika hal tersebut terjadi, solusi apa yang bisa kita lakukan? Apakah langsung membawanya ke tempat service atau bagaimana?

Sebenarnya langkah yang paling tepat jika hal tersebut terjadi adalah jangan panik. Kita lakukan pemeriksaan sederhana terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang service. Oleh sebab itu anda harus tahu apa yang menjadi penyebab laptop mati total secara tiba tiba.

Penyebab Laptop Mati Total

Nah, berikut akan kami share info mengenai beberapa penyebab laptop mati total agar anda bisa mendiagnosa dan memutuskan apakah bisa diperbaiki sendiri atau dibawa ke tukang service laptop. Jika anda penasaran, langsung saja baca ulasan berikut.

Kehabisan Baterai

Penyebab pertama mengapa laptop bisa tiba tiba mati total bisa saja karena baterai laptop habis. Tidak hanya habis, laptop mati total biasanya disebabkan karena isi daya di baterai benar benar kosong. Jika hal tersebut terjadi, saat kita cas laptop tidak akan langsung bisa dinyalakan.

Hal ini bisa terjadi karena kita menggunakan laptop dalam waktu yang lama hingga baterainya benar benar habis. Selain itu masalah ini juga kerap dialami laptop yang sudah lama tidak digunakan sehingga daya baterai di dalamnya benar benar kosong.

Power Supply Rusak

Seperti yang kita tahu bahwa di dalamnya sebuah laptop terdapat komponen yang bertugas untuk mensuplai listrik ke komponen laptop yang lain. Atau istilahnya adalah power supply. Kerusakan pada power supply laptop juga bisa mengakibatkan laptop mati total.

Hal ini bisa ditandai dari laptop yang sama sekali tidak merespon ketika dinyalakan atau bahkan saat kita menancapkan cas ke laptop, indikator baterai tidak menyala sama sekali. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan kerusakan pada pada bagian komponen PSU alias power supply.

Kerusakan Motherboard

Banyak kasus terjadi laptop mati total akibat kerusakan pada motherboard alias mobo. Hal ini bisa terjadi karena pemakaian laptop yang kurang bagus. Misal kita menggunakan laptop biasa untuk bermain game secara terus menerus.

Tentunya hal tersebut mengakibatkan suhu laptop menjadi sangat panas dan merusakan komponen komponen yang ada pada motherboard. Kerusakan pada komponen motherboard akan mengakibatkan laptop menjadi mati total.

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Cara Mengatasi Laptop Mati Total
Service Laptop

Setelah tahu apa yang menjadi penyebab laptop rusak dan mati total, anda bisa coba dulu melakukan perbaikan ringan sebelum membawanya ke tukang servis laptop. Berikut beberapa tips memperbaiki laptop mati total sendiri dengan cara cara sederhana.

Pastikan Charger Berfungsi

Hal pertama yang wajib anda lakukan untuk mencoba memperbaiki laptop yang mati total adalah memastikan charger laptop berfungsi dengan normal. Anda bisa mencobanya pada laptop lain atau mengecek dayanya menggunakan avometer.

Lepas Baterai dan Cas

Silahkan lepas baterai laptop anda dan cas laptop menggunakan charger yang berfungsi dengan baik. Setelah itu pencet tombol power pada laptop anda. Jika menyala, berarti kemungkinan kerusakan laptop terjadi pada baterai.

Masukkan Baterai dan Cas Lama

Apabila memang demikian, coba masukkan kembali baterai laptop anda dan cas selama beberapa jam. Setelah itu coba nyalakan laptop. Jika berhasil, berarti baterai memang dalam kondisi yang benar benar habis dan perlu dicas dalam waktu yang lama.

Bawa ke Tukang Service

Jika anda sudah mencoba cara cara di atas namun tetap tidak bisa, kemungkinan besar masalah kerusakan laptop anda ada pada power supply atau motherboardnya. Untuk memperbaikinya kita perlu bongkar laptop.

Langkah ini tidak disarankan untuk anda yang tidak memiliki skill teknisi. Oleh sebab itu disarankan untuk membawa laptop yang mati total tersebut ke tukang service laptop terpercaya sekitar rumah anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Biaya Service Laptop Mati Total

Biaya Service Laptop Mati Total
Service Center

Lantas berapa biaya service untuk laptop mati total untuk saat ini? Tentunya harganya beragam tergantung kerusakannya. Berikut kami coba jabarkan pasaran harga service laptop yang mati total tergantung kerusakannya.

Rusak Baterai

Komponen baterai sebenarnya merupakan komponen yang paling umum untuk diganti karena baterai memiliki masa pakai yang tidak begitu lama. Pada umumnya masa pakai baterai kondisi normal bisa hingga 2 sampai dengan 3 tahun tergantung pemakaian.

Nah, untuk kerusakan pada baterai sendiri, biaya servicenya di bawah 1 juta rupiah jika kita memilih menggunakan baterai OEM. Namun jika kita ingin menggunakan baterai ori, maka harus siapkan budget sekitar 2 jutaan. Bisa lebih mahal jika seri laptop anda adalah seri high end terbaru.

Rusak Power Supply

Jika kerusakan ada pada komponen power supply laptop, maka biaya servicenya kurang lebih sekitar 500 ribu sampai dengan 1 juta rupiah tergantung jenis laptopnya. Biasanya untuk seri laptop baru, harga servicenya lebih mahal, apalagi jika seri laptopnya adalah laptop high end dengan spek tinggi.

Rusak Motherboard

Untuk kerusakan motherboard biaya servicenya bisa dikatakan cukup mahal yakni berada di angka 2 juta sampai dengan 5 juta rupiah tergantung seri laptopnya. Bahkan beberapa laptop high end biaya service motherboard laptopnya bisa lebih dari angka tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah tadi sekilas info mengenai penyebab laptop mati total dan harga atau biaya servicenya untuk saat ini. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca semua terutama yang mengalami masalah laptop mati total.