Widget Atas Posting

Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome Modem Nokia

Indihome merupakan salah satu layanan internet populer yang banyak digunakan oleh masyarkat Indonesia. Selain karena harganya yang relatif murah, jangkauan jaringannya juga luas.

Tidak hanya di kota-kota besar, Indihome juga menjangkau kota-kota kecil. Selain itu saat ini Indihome juga sudah menggunakan teknologi fiber.

Dengan begitu kecepatan akses internetnya juga lebih kencang. Bicara soal Indihome, pasti tidak lepas dari yang namanya modem.

Ya, karena pada saat kita pasang wifi Indihome, tentu akan diberikan modem khusus untuk menyambungkan internet dan memancarkan sinyal wifi.

Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

Modem yang diberikan oleh pihak Indihome beragam mulai dari ZTE, Huawei, TP-Link, hingga yang paling baru adalah modem Nokia.

Sebenarnya pemberian modem tersebut sifatnya hanyalah untuk disewa saja. Jadi saat pengguna berhenti berlangganan, maka modem tersebut harus dikembalikan.

Perlu anda ketahui bahwa modem yang dapat memancarkan sinyal wifi tersebut memiliki batas maksimal jumlah user yang bisa terhubung.

Tentunya saat usernya banyak, kecepatan internetnya akan turun karena dibagi-bagi. Untuk menjaga kecepatan ineternetnya tetap stabil, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membatasi jumlah user.

Akan tetapi tidak semua pengguna wifi Indihome tahu bagaimana cara membatasi jumlah pengguna wifi, terutama khusus modem merk Nokia.

Nah, berikut tutorial cara membatasi jumlah pengguna Indihome yang menggunakan wifi merk Nokia terbaru baik yang warnanya hitam ataupun putih.

Pertama-tama silahkan koneksikan perangkat anda ke wifi Indihome

Setelah itu buka aplikasi browser anda. Contoh menggunakan Google Chrome

Akses alamat 192.168.1.1. Jika tidak bisa coba 192.168.0.1

Masukkan username dan password. Biasanya user dan password bawaannya adalah admin atau user

Setelah berhasil login, silahkan pilih menu Network yang ada di sisi kiri

Selanjutnya pilih menu Wireless (2.4GHz)

Perhatikan kolom Total Max Users. Silahkan ganti dengan jumlah batas maksimal pengguna yang bisa terkoneksi dengan wifi anda. Secara default adalah 32 pengguna. Jika anda membatasinya untuk 5 pengguna saja, silahkan ganti dengan angka 5

Terakhir klik Save dan modem akan restart secara otomatis

Tunggu sampai proses restart selesai dan wifi siap digunakan sesuai batas user yang ditentukan

Mudah sekali bukan? Tutorial tadi dibuat menggunakan wifi Indihome dengan modem merk Nokia. Untuk modem Indihome merk lain seperti ZTE, Huawei, atau TP-Link kurang lebih sama.

Hanya mungkin tampilan dan tempat menunya sedikit berbeda. Pada pada prinsipnya cara membatasi pengguna wifi Indihome di modem jenis lain adalah sama saja. Semoga bermanfaat.