Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi

Tiga tombol utama di HP Android yakni tombol back home dan recent adalah komponen yang sangat penting. Namun bagaimana jika tiga tombol tersebut rusak alias tidak berfungsi?

Tentu pengguna HP Android akan merasa sangat kesulitan saat mengoperasikan perangkatnya. Jika anda mengalami masalah tersebut, tak perlu kawatir.

Kita masih bisa menggunakan trik khusus untuk mengatasi tombol back home dan recent di HP Android yang rusak atau tidak berfungsi.

Memperbaiki Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi

Berikut beberapa trik mudah yang bisa anda coba jika tombol back home dan recent di HP Android tidak berfungsi.

1. Hapus Aplikasi Yang Baru Diinstall

Biasanya kasus tombol back home dan recent di HP Android tidak berfungsi disebabkan karena pengaruh malware atau virus.

Malware atau virus tersebut masuk ke dalam HP Android melalui aplikasi yang diinstall. Oleh sebab itu jika tombol back home dan recent rusak setelah anda install aplikasi, sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

Biasakan untuk menginstall aplikasi-aplikasi hanya dari developer yang terpercaya untuk menghindari malware atau virus.

2. Unroot HP Android Anda

Jika masalah tombol back home dan recent tidak berfungsi setelah anda melakukan root, berarti yang harus anda lakukan adalah melakukan unroot.

Pastikan anda melakukan unroot dengan benar agar tidak menimbulkan kerusakan yang lain. Tutorial cara root dan unroot HP Android bisa anda temukan di Google.

3. Lakukan Factory Reset

Apabila tombol back home dan recent rusak bukan karena install aplikasi ataupun root, coba lakukan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Cara ini cukup efektif mengatasi tombol back home dan recent yang tidak berfungsi karena software yang crash atau bermasalah.

4. Bawa Ke Tukang Servis

Jika ketiga cara di atas sudah anda lakukan namun tetap saja tidak berfungsi, berarti masalah ada pada hardware HP Android anda.

Apabila anda tidak memiliki skill memperbaiki hardware HP, disarankan untuk membawanya ke tukang servis HP terpercaya di sekitar tempat tinggal anda.

Alternatif Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Rusak

Jika tombol home back recent di HP Android anda tidak berfungsi, ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Menggunakan Aplikasi Pengganti Tombol

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi tombol back home dan recent yang rusak.

Kita bisa mendownloadnya secara gratis di Play Store. Fungsinya tentu untuk menggantikan tombol-tombol yang rusak. Berikut rekomendasi aplikasi pengganti tombol HP yang rusak.

  1. Simple Control
  2. Pie Control
  3. Softkeys 2
  4. Double Tap Off
  5. Easy Touck
Informasi lengkap mengenai fungsi, kelebihan, dan kekurangan aplikasi-aplikasi pengganti tombol HP yang rusak tadi bisa anda baca di sini.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu anda mengatasi masalah tombol back home dan recent di HP anda yang tidak berfungsi.