Widget Atas Posting

Cara Merakit Power Sound System Rumahan Sederhana

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki hobby sound system. Biasanya para pehobi sound system gemar merakit perangkat sendiri.

Selain lebih hemat, bisa merakit perangkat sound sistem bisa menimbulkan kepuasan tersendiri.Sayangnya tak semua pehobby sound system mahir dan tahu bagaimana cara merakit sound system sendiri.

Karena itulah kami akan bahas info mengenai bagaimana cara merakit power sound system. Namun sebelum itu perlu diketahui bahwa ada beberapa bagian penting dalam sebuah set sound system.

Salah satunya adalah power. Ya, tanpa power tentu set sound system tidak bisa menghasilkan suara yang kencang dan mantap.

Cara Merakit Power Sound System

Berikut rangkaian tutorial cara merakit power sound system rumahan sederhana yang murah namun bisa menghasilkan suara yang kencang dan jernih.

1. Buat Rencana Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merencanakan power seperti apakah yang hendak anda buat, apakah yang besar atau yang kecil.

Jangan lupa siapkan budget. Jika anda ingin membuat power yang besar tentu biaya yang diperlukan juga lebih mahal. Begitu pula sebaliknya.

2. Siapkan Skema Rangkaian

Setelah anda punya rencana yang matang, langkah selanjutnya adalah menyiapkan skema rangkaian power yang hendak anda rakit.

Hal ini sangat penting karena tanpa skema rangkaian anda tidak akan bisa merakit power dengan benar. Kecuali anda sudah ahlinya.

Berikut kami bagian contoh skema rangkaian power amplifier sound system sederhan 150 watt yang bisa anda coba terapkan.

Sumber : www.spiderbeat.com

Dalam skema tersebut sudah lengkap jalur perkabelannya sampai dengan komponen-komponen yang dibutuhkan untuk merakitnya.

3. Sediakan Komponen yang Dibutuhkan

Setelah anda membaca skema rangkaian di atas, tentu anda sudah tahu komponen-komponen apa yang diperlukan untuk merakit power sound system bukan?

Jika sudah, silahkan beli komponen-komponen yang dibutuhkan. Anda bisa beli di toko komponen elektronik, atau bisa juga online via marketplace.

Ada banyak sekali komponen elektronika yang dijual di marketplace dan tentunya harganya sangat bersaing dengan toko-toko.

4. Mulai Proses Perakitan

Apabila semua komponen sudah siap, silahkan lakukan perakitan sesuai dengan skema rangkaian yang ada. Lakukan dengan cermat dan teliti.

Pastikan semua jalurnya benar dan kaki komponen tidak terbalik. Lakukan penyolderan dengan hati-hati dan pastikan solderannya sempurna.

5. Lakukan Uji Coba

Setelah proses perakitan selesai, silahkan lakukan ujicoba. Jika power tidak bekerja sebagaimana mestinya, kemungkinan ada yang salah dalam perakitan.

Bisa saja kaki komponen terbalik, pengkabelan salah, atau ada jalur-jalur yang lengket satu sama lain. Lakukan perbaikan, lalu coba kembali.

Itulah panduan bagaimana cara merakit power sound system rumahan sederhana. Berbeda dengan power sound system lapangan, ini jauh lebih simpel dan murah.