Widget Atas Posting

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa sampai tahun 2020 ini, Oppo masih menjadi salah satu merk HP paling laris di Indonesia mengalahkan Vivo atau bahkan Samsung.

Banyak orang suka dengan HP merk Oppo dengan alasan kameranya yang bagus, speknya yang kencang, serta harganya yang tidak begitu mahal.

Wajar apabila pengguna HP merk Oppo dari semua kalangan mulai dari anak-anak, pelajar, sampai dengan pengusaha. 

Merk HP asal China ini sudah memasarkan ratusan tipe HP nya mulai dari Oppo A3s, A5s, A31, A12, A37, A37f, A83, A92, F5, F5 Youth, F7, F9, F11 Pro, dan lain-lain.

Saat ini juga ada beberapa tipe HP baru yang sukses menjadi primadona dan diincar banyak orang. Sebut saja Oppo Reno 4.

Banyaknya tipe HP yang diluncurkan oleh Oppo tersebut semuanya menggunakan sistem operasi Android yang dibalut UI buatan Oppo sendiri bernama ColorOS.

ColorOS sendiri merupakan salah satu custom UI yang paling stabil dan memiliki segudang fitur keren yang dapat mendukung fitur produktivitas.

Salah satu fitur yang dimilikinya ialah untuk menyembunyikan aplikasi. Jadi kita bisa menyembunyikan aplikasi tertentu di HP Oppo dengan mudah.

Sayangnya masih belum banyak pengguna HP Oppo yang tahu terkait fitur tersebut. Untuk itu akan kami share tutorial cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo semua tipe.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Oh iya sebelum itu perlu anda ketahui bahwa cara ini dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Hanya melalui menu Pengaturan saja. Simak tutorialnya.

  1. Pertama-tama silahkan masuk menu Settings atau Pengaturan
  2. Setelah itu menu Keamanan
  3. Cari dan pilih menu Enkripsi Aplikasi
  4. Setelah anda memilih menu tersebut, maka anda akan diminta untuk membuat sandi keamanan
  5. Silahkan buat sandi baik pola ataupun kode
  6. Jika sudah, silahkan pilih aplikasi-aplikasi yang ingin anda sembunyikan
  7. Setelah itu aktifkan menu sembunyikan ikon di layar depan
  8. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan nomor akses
  9. Sampai di sini anda sudah bisa menyembunyikan aplikasi di HP Oppo tanpa aplikasi tambahan

Sangat mudah bukan? Dengan tutorial tadi, anda bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi mana saja yang sifatnya rahasia agar tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Selain dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi, HP Oppo juga bisa digunakan untuk menyembunyikan file foto ataupun video.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Oppo

Cara menyembunyikan foto dan video di HP Oppo tidak kalah mudah dengan cara menyembunyikan aplikasi tadi. Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut.

  1. Pertama-tama silahkan masuk ke aplikasi File Manager
  2. Setelah itu silahkan taruh foto atau video yang ingin anda sembunyikan ke dalam satu folder
  3. Rename atau ubah nama folder tadi dengan menambahkan titik (.) di depan nama folder. Ingat hanya titik saja tanpa spasi
  4. Jika sudah, foto atau video dalam folder tadi otomatis hilang dari galeri

Super duper mudah bukan? Cara menyembunyikan aplikasi, foto, maupun video tadi bisa anda lakukan di semua tipe HP Oppo mulai dari Oppo F11, Reno 3, Reno 4, A3s, dan lain-lain.