Widget Atas Posting

Mengatasi Laptop Windows 10 Lemot Setelah Update

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini Windows 10 masih menjadi salah satu primadona sistem operasi komputer atau laptop.

Hampir semua PC atau laptop terbaru pasti menggunakan sistem operasi besutan Microsoft tersebut. Bukan tanpa alasan, karena memang Windows 10 adalah OS komputer yang paling stabil untuk saat ini.

Tidak hanya itu saja, sudah banyak sekali aplikasi yang kompatibel dengan Windows 10 sehingga pengguna tidak perlu repot-repot lagi jika ingin menggunakan aplikasi tertentu.

Windows 10 selalu mendapatkan jatah update berkala untuk mengatasi berbagai bug yang ada sehingga menjadikan performanya semakin baik.

Akan tetapi tidak sedikit penggunanya yang justru mengeluh akibat update yang diterimanya. Banyak yang merasa laptop atau komputer mereka menjadi lemot setelah diupdate.

Penyebab Laptop Windows 10 Lemot Setelah Update

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab komputer atau lemot setelah update di Windows 10? Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab lemotnya laptop setelah update.

Salah satunya adalah karena spesifikasi perangkat yang belum begitu mumpuni sehingga Windows 10 versi terbaru tidak bisa berjalan dnegan maksimal.

Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Penyebab lain mengapa Windows 10 lemot setelah diupdate adalah karena ada banyak aplikasi yang berjalan di background yang menjadikan beban komputer semakin berat.

Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut berjalan secara otomatis pasca update Windows. Jadi hal tersebut menyebabkan kinerja CPU maupun RAM menjadi overload.

Aplikasi Menjadi Tidak Kompatibel

Saat anda menjalankan aplikasi tertentu, kinerjanya terasa sangat berat. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena aplikasi yang anda jalankan menjadi tidak kompatibel dengan versi Windows terbaru.

Atau bisa saja karena aplikasi yang anda gunakan merupakan aplikasi bajakan yang tidak jelas asal usulnya.

Bisa saja di dalam aplikasi tersebut malah terdapat malware sehingga mengganggu kinerja komputer atau laptop setelah diupdate.

Update Windows Secara Otomatis

Belum banyak yang tahu bahwa di Windows 10, sistem update OS dijalankan secara otomatis. Sehingga saat Windows melakukan update, secara otomatis resources komputer fokus pada aktivitas tersebut.

Hal tersebut menyebabkan kinerja komputer atau laptop menjadi lambat. Hal ini akan sangat terasa saat anda melakukan aktivitas yang berhubungan dengan internet seperti browsing dan streaming.

Cara Mengatasi Laptop Windows 10 Lemot Setelah Update

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah laptop atau komputer yang menjadi lemot setelah dilakukan update? Simak ulasan berikut ini.

1. Periksa Aktivitas di Task Manager

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memeriksa aktivitas komputer di task manager. Caranya bisa menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del.

Setelah masuk ke task manager, cek apakah grafik aktivitas terlalu berat apa tidak. Jika angkanya mendekati 100% tentunya kinerja komputer mengalami beban berat.

2. Matikan Beberapa Aplikasi Berjalan

Melalui task manager tadi, coba matika beberapa aplikasi yang berjalan. Tujuannya adalah agar beban komputer tidak terlalu berat.

Anda bisa mematikannya melalui tab Proses. Lihat aplikasi mana saja yang memakan resources dalam jumlah banyak. Tapi ingat, jangan sampai salah mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

3. Hapus File Sampah

Jika di komputer atau laptop anda terdapat banyak file sampah atau file yang tidak terpakai, ada baiknya anda menghapusnya.

Hal ini cukup efektif karena akan meningkatkan kapasitas storage yang kosong sehingga menjadi lebih lega dan kinerja komputer jadi lebih ringan.

4. Update Driver dan Aplikasi

Setelah melakukan update Windows, disarankan untuk mengupdate pula driver serta aplikasi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari aplikasi yang menjadi tidak kompatibel.

Aplikasi yang tidak kompatibel tentunya tidak bisa berjalan dengan maksimal pada laptop atau komputer Windows yang baru diupdate.

5. Upgrade atau Uninstall Update

Jika 4 cara di atas sudah anda lakukan namun masih saja komputer atau laptop anda lemot, berarti kemungkinan besar spek perangkat anda kurang memedai.

Ada dua pilihan yang bisa anda lakukan. Yang pertama adalah dengan upgrade mulai dari RAM sampai dengan beralih dari HDD ke SSD.

Atau jika hal tersebut tidak mungkin anda lakukan, maka silahkan unistall update alias kembali ke versi Windows sebelumnya.

Semoga info mengenai cara mengatasi laptop Windows 10 yang menjadi lemot atau lelet pasca diupdate. Semoga menjadi manfaat bagi pembaca dan penulis.