Widget Atas Posting

Cara Pasang TWRP Tanpa PC di HP Xiaomi Semua Tipe

Buat anda yang hobi oprek HP Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya TWRP. Ya, jika anda belum tahu, TWRP merupakan salah satu tool recovery yang banyak digunakan saat ini.

TWRP sendiri adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. Sebuah tool recovery yang lahir berkat adanya komunitas Android sejak beberapa tahun yang lalu.

Tool yang satu ini sudah membantu ribuah bahkan ratusan ribu pengguna Android di seluruh dunia. Lantas apa fungsi dari tool yang satu ini?

Sama seperti tool recovery yang lain dapat digunakan untuk root, unroot, flashing, hingga sekedar oprek tampilan di HP Android dengan mudah.

Cara Pasang TWRP Tanpa PC di HP Xiaomi Semua Tipe

Tool TWRP ini support untuk banyak device Android mulai dari Xiaomi, Vivo, Oppo, Samsung, Realme, Infinix, Huawei, hingga HP lokal seperti Advan sekalipun.

Dan pada kesempatan ini kami akan bahas fokus mengenai bagaimana cara install TWRP di HP Xiaomi untuk semua tipe.

Semua tipe yang kami maksud mulai dari Xiaomi Redmi 2, Redmi 3, Redmi 4A, Redmi 5A, Redmi 6, Redmi 7, Redmi 8, hingga yang paling baru yakni Redmi 9.

Selain itu TWRP juga bisa dipasang di HP Xiaomi seri Note, mulai dari Note 3, Note 4, Note 5, Note 6, Note 7, Note 8, hingga Note 9.

Oh iya, perlu anda ketahui juga bahwa ada dua cara yang bisa digunakan untuk menginstall TWRP ke HP Xiaomi khususnya.

Cara pertama adalah install TWRP dengan PC. Dan cara yang kedua adalah install TWRP tanpa PC. Buat anda yang tidak punya PC atau laptop, tentu akan lebih suka cara yang kedua.

Cara Pasang TWRP Tanpa PC di HP Xiaomi Semua Tipe

Karena itu, berikut tutorial lengkap bagaimana cara pasang TWRP di HP Xiaomi tanpa PC dengan praktis dan cepat.

Bahan yang dibutuhkan
  • 2 buah HP Android (1 yang diinstall TWRP, 1 lagi sebagai alat untuk install)
  • Adapter OTG yang digunakan untuk menghubungkan 2 buah HP
  • Sebuah kabel data yang digunakan untuk menghubungkan HP
  • Aplikasi Bugjaeger Mobile ADB yang bisa anda download di sini
Setelah semua bahan yang diperlukan untuk install TWRP di HP Xiaomi sudah siap, langkah berikutnya adalah proses unlock bootloader dan install TWRP itu sendiri.

Cara Install TWRP
  1. Pertama-tama pastikan OEM unlock bootloader di HP yang akan diinstall TWRP sudah aktif. Cara lihatnya bisa melalui pengaturan, pada bagian developer option
  2. Setelah beres, install aplikasi Bugjaeger Moble ADB yang sudah didownload sebelum di HP yang digunakan sebagai alat install. Tujuannya agar bisa digunakan untuk menjalankan perintah fast boot
  3. Setelah itu sambungkan kedua buah HP tadi menggunakan kabel data dan juga adapter OTG
  4. Jalankan aplikasi Bugjaeger Moble ADB
  5. Klik tab terakhir dengan ikon petir, lalu sesuaikan pengaturannya seperti gambar yang ada di bawah ini

    Install TWRP Xiaomi Tanpa PC

  6. Tunggu beberapa saat hingga prosesor unlock bootloader dan install TWRP selesai
Proses tadi akan memakan waktu beberapa menit. Oleh karena itu harap bersabar dan tunggu sampai proses selesai.

Jangan cabut HP saat proses install TWRP sedang berjalan karena bisa berakibat gagal install hingga HP menjadi mati total.

Lakukan dengan teliti dan hati-hati. Semoga ulasan mengenai cara pasang TWRP tanpa PC di HP Xiaomi mulai dari seri redmi 2, redmi 4, redmi note 5, hingga redmi note 9 tadi bermanfaat.