Widget Atas Posting

Cara Tanda Tangan di File PDF Secara Online

Semakin canggih teknologi membuat pekerjaan juga semakin mudah. Saat ini kita bisa mengerjakan berbagai macam dokumen di rumah dan di mana saja menggunakan perangkat komputer portable seperti laptop, table PC, atau bahkan sebuah smartphone.

Hadirnya perangkat tersebut menjadi lebih maksimal karena ditunjuang oleh internet. Banyak hal yang bisa dilakukan langsung melalui internet, termasuk mengerjakan berbagai macam dokumen seperti mengetik naskah, hingga tanda tangan.

Bicara soal tanda tangan, tahukah anda bahwa kini kita bisa langsung menandatangani sebuah dokumen atau file langsung secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot cetak dokumen baru ditandatangani secara manual, kemudian dikirim ulang.

Cara Tanda Tangan di File PDF Secara Online

Nah, berikut akan kami bagikan tutorial bagaimana cara tanda tangan dokumen atau file terutama jenis PDF secara online dengan mudah dan praktis. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Cara Tanda Tangan di File PDF Secara Online

Sebelum itu perlu anda ketahui bahwa ada banyak sekali web yang bisa digunakan untuk menandatangani file PDF secara online. Layanan pada web tersebut bisa digunakan secara gratis. Berikut beberapa rekomendasi web utk ttd file PDF secara online.

1. Sejda.com

Yang pertama ada web sejda.com. Website yang satu ini sudah sangat terkenal, terutama dalam urusan perdokumenan. Kita bisa membuat tanda tangan secara online dengan mudah melalui situs ini. Berikut panduan caranya.
  1. Pertama, silahkan buka situs sejda.com
  2. Setelah itu upload file PDF yang ingin anda beri tanda tangan
  3. Jika sudah, pilih opsi jenis tanda tangan (teks atau gambar tangan)
  4. Apabila sudah, silahkan save hasil tanda tangannya
Mudah sekali bukan? Sejda.com ini memiliki pilihan layanan secara gratis ataupun berbayar khusus untuk keperluan kantor. Jadi misal kita memiliki tim atau karyawan, bisa menggunakannya bersama-sama dengan biaya yang cukup terjangkau.

2. Smallpdf.com

Selanjutnya ada situs bernama smallpdf.com. Situs ini merupakan situs khusus untuk mengedit berbagai jenis file PDF mulai dari menggabung PDF, convert PDF, potong file PDF, hingga memberikan tanda tangan di file PDF. Jika anda ingin menggunakannya untuk ttd, berikut panduannya.
  1. Pertama, silahkan buka situs smallpdf.com
  2. Pilih menu tanda tangan PDF
  3. Setelah itu upload file PDF yang ingin anda beri tanda tangan
  4. Jika sudah, berikan tanda tangan baik berupa teks ataupun gambar
  5. Apabila sudah, silahkan download hasil tanda tangannya
Dengan menggunakan situs smallpdf.com kita tidak perlu pusing-pusing lagi untuk urusan edit dokumen terutama yang memiliki format PDF.

3. Sodapdf.com

Sama halnya dengan situs sebelumnya, sodapdf.com juga merupakan salah satu situs edit file PDF online yang sangat terkenal. Layanan yang dimiliki oleh sodapdf.com ini juga sangat lengkap, termasuk untuk tanda tangan secara online. Cara menggunakannya sebagai berikut.
  1. Pertama, silahkan buka situs sodapdf.com
  2. Pilih layanan e-sign atau tanda tangan online
  3. Setelah itu upload file PDF yang ingin anda beri tanda tangan
  4. Jika sudah, berikan tanda dengan cara draw atau teks
  5. Apabila sudah, simpan hasil tanda tangannya
Mudah sekali bukan? Demikianlah ulasan sederhana mengenai cara tanda tangan di file PDF secara online anti ribet. Semoga bermanfaat.