Cara Mengatasi Google Terus Berhenti di HP Xiaomi dan Poco

Belum lama ini banyak pengguna HP Android, khususnya dengan merk Xiaomi dan Poco yang mengeluh karena tiba-tiba HP nya error. Tiba-tiba HP yang mereka gunakan muncul pesan “layanan Google telah terhenti” secara terus-menerus dan tidak bisa ditutup.

Tak sedikit pula pengguna HP Xiaomi dan Poco yang panik dan mengira bahwa perangkat yang mereka gunakan rusak. Alhasil mereka membawa HP tersebut ke tukang service, dan tentunya dikenakan biaya yang tidak murah.

Sebenarnya masalah ini terjadi secara universal di hampir semua tipe HP Xiaomi dan juga Poco. Kabar tersebut menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Tak heran jika masalah tersebut viral di berbagai media sosial seperti TikTok, Instagram, hingga Facebook.

Admin sendiri pernah mengalami hal tersebut pada perangkat yang digunakan, yakni HP Poco M3. Saat membuka aplikasi Google, tiba-tiba pesan error tersebut muncul secara terus-menerus meski sudah diclose berkali-kali.

Penyebab Google Terus Berhenti di HP Xiaomi dan Poco

Tentunya kita semua bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab munculnya pesan error layanan Google terus berhenti di hampir semua HP Xiaomi dan juga Poco? Padahal sebelumnya kita tidak melakukan hal-hal aneh pada HP kita.

Masalahnya error pada layanan Google di HP Android ini sebenarnya disebabkan oleh software yang tidak bisa sinkron. Seperti yang kita tahu bahwa Google terus memberikan pembaharuan guna meningkatkan kualitas layanannya.

Dan pembaharuan yang diberikan oleh Google baru-baru ini tidak bisa terinskronasi dengan sempurna pada software MIUI milik Xioami dan juga Poco. Sehingga saat kita membuka aplikasi Google, akan muncul pesan error Google terus berhenti.

Cara Mengatasi Google Terus Berhenti di HP Xiaomi dan Poco

Anda tidak perlu terlalu panik karena masalah tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan cara yang cukup mudah. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah Google terus berhenti pada HP Poco maupun Xiaomi dengan berbagai tipe.

  1. Pertama-tama silahkan buka Pengaturan atau Settings di HP anda
  2. Setelah itu masuk ke menu Aplikasi Bawaan
  3. Cari aplikasi Google
  4. Setelah ketemu, klik untuk membukanya
  5. Scroll ke bagian bawah, dan klik menu Hapus Pembaharuan
  6. Taraa…. Pesan error Google terus berhenti sudah tidak muncul lagi
Mudah sekali bukan? Dengan menghapus pembaharuan pada aplikasi Google lewat pengaturan, berarti mengembalikan aplikasi Google ke versi awal. Hal ini bisa mengatasi masalah pembaharuan dari Google yang tidak bisa sinkron dengan MIUI.
Dengan begitu masalah Google terus berhenti tidak akan muncul terus-menerus di HP anda. Tentu jika pesan error tersebut terus muncul, akan sangat mengganggu kita dalam menggunakan HP. Dengan cara ini anda tidak perlu kawatir lagi.

HP Mati Total Setelah Muncul Pesan Google Terus Berhenti


Berdasarkan pengalaman admin ketika muncul pesan error Google terus berhenti di HP Poco M3, admin langsung melakukan restart HP. Namun yang terjadi justru HP tersebut mati total alias tidak mau dinyalakan.
Sempat panik, admin membawa HP tersebut ke service center. Namun sayangnya pada saat tiba di sana, service center tutup. Akhirnya admin mencoba melakukan beberapa cara dan ketemulah solusi untuk mengatasi HP Poco atau Xiaomi yang mati total akibat pembaharuan Google tersebut.
Solusi : “Diamkan HP selama 36 jam”
Solusi yang admin lakukan ketika HP Poco M3 mati total setelah error Google terus berhenti saat itu adalah mendiamkan HP tersebut selama 36 jam. Tujuannya agar daya baterai yang ada di HP benar-benar habis dan HP benar-benar mati sempurna.
Karena sebenarnya pada saat HP mati total, HP tersebut tidak benar-benar mati alias mesinnya masih aktif. Dan ketika mesin tersebut aktif, kita tidak bisa menyalakannya sama sekali. Dengan mendiamkan HP selama 36 jam, HP tersebut akan mati dengan sempurna.
Selanjutnya setelah HP benar-benar mati, kita bisa mengisi daya lalu menyalakan HP tersebut. Masalah HP mati total karena pembaharuan Google yang tidak sinkron berhasil diatasi tanpa perlu membawanya ke tempat service.

Akhir Kata

Demikianlah tips dan trik bagaimana cara mengatasi Google terus berhenti di HP Xiaomi dan juga Poco. Masalah ini mungkin bisa juga terjadi di HP Android merk lain seperti Samsung, Realme, Infinix, Oppo, Vivo, ataupun yang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment