Widget Atas Posting

Cara Menghapus Cerita di FB yang Sudah Lama

Pilihan sosial media semakin hari semakin beragam mulai dari Facebook hingga Instagram. Meski menurut orang sudah cukup ketinggalan jaman, sosial media Facebook masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Terbukti dari angka jumlah pengguna aktifnya yang masih tinggi sampai tahun 2021 ini. 

Bahkan menurut beberapa orang, Facebook masih menjadi sosial media paling powerfull saat ini. Ada banyak fitur yang hanya bisa ditemukan di Facebook, dan tidak bisa ditemukan di sosial media lain seperti Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Di Facebook terdapat banyak sekali fitur keren mulai dari group, fanspage, hingga marketplace. Selain itu Facebook juga punya fitur mainstream yang wajib dimiliki oleh sosial media saat ini, yakni fitur untuk membuat cerita atau story.

Cara Menghapus Cerita di FB yang Sudah Lama

Bagi anda yang terbiasa menggunakan Instagram, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya story IG atau Snapgram. Di FB kita juga bisa melakukan hal serupa, yakni membuat story atau cerita layaknya di Snapgram IG.

Story atau cerita sendiri merupakan konten yang durasinya singkat. Biasanya orang-orang memanfaatkannya untuk memberikan info singkat atau cuplikan, foto, ataupun video pendek kepada para pengikutnya.

Konten yang ada pada story biasanya hanya akan bertahan selama 24 jam saja, dan setelah itu hilang. Tapi sadarkah kita saat membuat cerita atau story FB, konten yang kita unggah akan tersimpan di database milik Facebook?

Ya, tentu anda pernah diingatkan oleh Facebook terkait cerita atau story lama? Hal tersebut menjadi bukti bahwa konten di cerita atau story yang sudah hilang ternyata belum terhapus secara permanen.

Cara Hapus Story / Cerita FB yang Sudah Lama

Oleh karena itu kami akan bagikan info kepada anda mengenai bagaimana cara menghapus cerita atau story di FB yang sudah lama dan hilang. Penasaran? Simak baik-baik.
  1. Pertama silahkan buka Facebook
  2. Pastikan anda sudah login ke akun FB anda
  3. Masuk ke halaman profil anda
  4. Klik ikon tiga titik yang ada di pojok atas
  5. Pilih Arsip Cerita atau Story Archive
  6. Selanjutnya cari dan pilih story mana yang ingin dihapus
  7. Untuk menghapusnya, klik ikon tiga titik, lalu pilih Hapus
Gampang sekali bukan? Dengan begitu anda sudah bisa menghapus cerita atau story di FB yang sudah lama dan tidak bisa kita lihat lagi.

Cara Agar Story / Cerita FB Tidak Tersimpan

Lantas bagaimana cara mengatur agar story kita tidak disimpan oleh Facebook? Mudah saja kita tinggal melakukan sedikit perubahan di pengaturan story. Berikut cara lengkapnya.
  1. Masuk ke cerita atau story FB anda
  2. Setelah itu klik ikon tiga titik yang ada di pojok atas untuk masuk pengaturan
  3. Klik edit pengaturan cerita
  4. Pilih Story Archive
  5. Nonaktifkan pada bagian Simpan ke Story Archive
Dengan begitu story di FB yang anda buat akan benar-benar hilang setelah 24 jam dan tidak tersimpan di arsip story atau cerita.

Cara Mengatur Siapa yang Bisa Lihat Story / Cerita FB

Ada juga yang penasaran bagaimana cara mengatur siapa-siapa saja yang bisa melihat story atau cerita di FB kita. Jadi kita bisa melakukan pembatasan agar story kita tampil di orang-orang tertentu saja sesuai keinginan. Berikut tutorialnya.
  1. Silahkan masuk ke cerita atau story FB anda
  2. Kemudian klik ikon tiga titik yang ada di pojok atas
  3. Pilih Pengaturan Story
  4. Klik menu Story Privacy atau Privasi Cerita
  5. Silahkan tentukan pilih Publik, Teman dan Koneksi, atau Teman saja
Saat anda memilih Publik, maka story anda akan terlihat ke semua orang termasuk yang bukan teman anda. Sedangkan jika anda memilih teman saja, maka akan tampil ke teman anda saja. Mudah bukan? Semoga bahasan mengenai cara hapus cerita FB yang sudah lama dan info lain tadi bermanfaat.